Categories
Kesehatan Obat

Echinacea adalah Obat Herbal untuk Tingkatkan Imunitas

Echinacea adalah

Keberadaan tanaman obat saat ini menmiliki peran penting karena memang resiko yang bisa diterima jauh lebih kecil daripada obat kimia. Ada banyak perusahaan farmasi yang saat ini menggencarkan lagi penggunaan tanaman obat dalam bentuk suplemen ataupun jamu. Echinacea adalah salah satu jenis bunga yang termasuk dalam obat herbal berbagai penyakit.

Tentang Echinacea

Tanaman yang satu ini termasuk ke dalam tanaman penghasil bunga yang memiliki nama lain Purple Coneflower. Umumnya, tanaman ini dapat tumbuh subur di kawasan Amerika Utara serta Eropa. Ada beberapa spesies tanaman Echinacea ini seperti misalnya Echinacea angustifolia, purpurea, serta palida yang masing-masing punya kandungan sedikit berbeda.

Echinacea ini menjadi salah satu obat herbal yang keberadaannya dicari di pasaran dan Amerika menjadi pusat perdagangannya. Ada banyak sekali manfaat dari tanaman ini diantaranya adalah obat bagi serangan flu serta infeksi di saluran pernapasan atau saluran kencing. Tanaman ini juga sering dikaitkan dengan obat pencegah terjangkitnya virus Covid-19.

Konsumsi Echinacea

Masyarakat Amerika Serikat biasa mengkonsumsi bunga ini dengan cara dikeringkan kemudian dijadikan the bersama dengan rempah lain. Saat ini, Echinacea sendiri sudah tersedia dalam bentuk kapsul yang bisa dengan mudah dibawa dan digunakan. Kapsul suplemen tersebut biasanya berisi bubuk dari bagian akar atau bagian tanaman lain yang telah dikeringkan.

Ada juga yang mengkonsumsi tanaman ini dengan mencampurkan sedikit bagian tanaman ke dalam jus lalu diminum. Tanaman ini juga biasa menjadi salah satu campuran untuk obat herbal bagi penderita masalah hati. Meskipun Echinacea adalah tanaman dengan banyak manfaat, jangan terus-menerus mengkonsumsinya selama lebih dari dua minggu.

Manfaat Echinacea

Sebagai salah satu obat herbal yang sudah digunakan sejak dulu, banyak penelitian menemukan manfaat dari Echinacea ini. Berikut ini adalah manfaat tanaman Echinacea yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber untuk Anda.

1. Mengontrol Gula Darah

Di kalangan suku Indian, tanaman ini digunakan sebagai penghilang rasa sakit alami bagi penderita sakit perut hingga gonorea. Penduduk setempat biasa mengolah tanaman ini menjadi teh atau pasta yang kemudian dioleskan ke tubuh penderita. Kandungan gula darah juga bisa berkurang saat konsumsi Echinacea karena perangsangan aktivitas enzim pencerna karbohidrat.

2. Merangsang Kekebalan Tubuh

Tanaman yang satu ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. Echinacea sangat bermanfaat sebagai obat flu, salesma, dan berbagai penyakit infeksi akibat bakteri atau virus. Tanaman ini bisa merangsang pertumbuhan sel CD4 sehingga kekebalan tubuh juga meningkat pesat.

Kontraindikasi Pemakaian

Efek yang diberikan tanaman ini tidak akan sama ketika digunakan dalam jangka panjang karena tubuh tidak akan merespon rangsangan. Pertumbuhan sel darah putih yang baik untuk kuman pun akan menjadi normal kembali ketika konsumsi rutin sudah mencapai waktu mingguan.

Meskipun tanaman ini bisa merangsang imun tubuh, Echinacea sendiri tidak direkomendasikan bagi penderita rendahnya sistem kekebalan seperti penderita AIDS misalnya. Dalam beberapa kasus, tanaman ini bisa memperburuk gejala penyakit yang sedang diderita. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter memiliki peran penting dalam penggunaan suplemen ini.

Ada banyak lagi fungsi dari tanaman Echinacea ini seperti sebagai zat anti-inflamasi, mengatasi masalah kulit, dan pelancar pencernaan. Echinacea adalah bunga yang dianggap sebagai bunga seribu manfaat sehingga keberadaannya pun masih dicari hingga saat ini.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *