Categories
Kesehatan

Efek Darah Rendah yang Harus diwaspadai

Efek Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau disebut juga dengan hipotensi merupakan salah satu kondisi dimana tekanan darah berada di bawah 90/g0 mmHg. Darah rendah kerap terjadi pada siapa saja, namun tahukah Anda apa saja efek darah rendah yang harus diwaspadai? Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Pada dasarnya, tekanan darah sendiri akan berubah dalam berbagai kesempatan karena kondisi ataupun aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar karena bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keturunan dan usia.

Tidak hanya itu saja, tekanan darah juga bisa dipengaruhi oleh kondisi atau bahkan penyakit tertentu. Efek darah rendah sendiri bisa berdampak pada kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Pasalnya, darah yang dipompa ke seluruh tubuh sedikit karena tekanannya yang rendah. Dampaknya, tubuh menjadi lebih lemas, pucat dan bahkan tidak bertenaga.

Tidak hanya itu saja, seseorang yang mengalami tekanan darah rendah bahkan bisa merasakan pusing, pingsan atau bahkan cidera karena jatuh. Terlebih lagi jika tekanan darah ini sangat rendah dimana tubuh akan kekurangan oksigen dan menyebabkan beberapa organ tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang menderita darah rendah mengalami gejala. Ada beberapa orang yang tidak mengalami gejala sama sekali namun mengidap penyakit ini. Adapun beberapa gejala yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jantung akan berdebar kencang dan bahkan tidak teratur.
  • Lemas
  • Pusing
  • Mual
  • Pingsan
  • Pandangan buram
  • Kehilangan keseimbangan.

Adapun penanganan awal yang bisa Anda lakukan ketika mengalami gejala ini adalah dengan segera duduk atau berbaring jika Anda sedang berdiri. Jangan lupa untuk minum air putih serta menghentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan.

Jika Anda sudah melakukan langkah ini, maka nantinya gejala akan segera hilang dan Anda akan pulih seperti sedia kala. Jika Anda sudah merasakan gejala ini terlalu sering, maka segera konsultasikan kepada dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Penyebab Darah Rendah

Darah rendah tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang bisa mengalami darah rendah. Apa saja penyebab tersebut? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Hipotensi ortostatik

Ini adalah salah satu gejala yang muncul ketika Anda mengubah posisi secara tiba-tiba. Orang yang memiliki masalah dengan hipotensi ortostatik biasanya akan mengalai penurunan tekanan darah mulai dari 15-30 mmHg pada saat berdiri, menuju duduk dan berbaring.

 2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya. Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang minum, diare atau bahkan berpuasa. Ketika seseorang dehidrasi, hal ini juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami darah rendah.

3. Anemia

Banyak orang yang mengira anemia adalah darah rendah. Padahal, anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh ini berkurang. Salah satunya adalah karena menurunnya tekanan darah. Tekanan darah rendah juga menjadi salah satu gejala anemia yang harus Anda ketahui.

4. Hamil

Wanita yang sedang hamil juga biasanya memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena sistem peredaran darah pada wanita hamil mengalir dengan sangat cepat. Karena itu, ia rentan mengalami tekanan darah rendah.

Dengan melihat informasi seputar tekanan darah dan efek darah rendah bagi tubuh. Maka bisa dikatakan tekanan darah rendah termasuk jenis penyakit yang harus Anda waspadai. Terlebih lagi jika Anda mengalami gejala yang cukup sering. Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *