Categories
Tips

Fakta Ibu Hamil Boleh Potong Rambut

Banyak para ibu hamil yang selalu mempertanyakan soal ibu hamil boleh potong rambut atau tidak dan bagaimana ya. Terkadang ibu hamil itu sering merasa kepanasan, dan rambut panjang itu adalah hal yang bisa membuat lebih panas. Tapi banyak keraguan yang muncul karena ada beberapa mitos yang memang membuat para ibu hamil takut. Apalagi memang ada cukup banyak larangan untuk ibu hamil yang memang diperuntukkan supaya janin bisa tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Informasi Seputar Mitos Potong Rambut

Banyak sekali informasi yang beredar soal potong rambut yang dilakukan oleh ibu hamil, dimana banyak yang beranggapan itu adalah satu bahaya. Banyak yang mempercayai kalau ibu hamil memotong rambutnya, maka bisa jadi bayi akan terlahir dengan cacar. Selain itu ada berita juga yang menyebutkan bayi bisa jadi buta sejak lahir, dan itu menjadi ketakutan tersendiri. Banyak orang yang akhirnya mempertanyakan kebenaran dari mitos tersebut.

Fakta Menurut Medis

Kalau dibilang menurut medis sebenarnya belum ada bukti yang kuat kalau potong rambut pada ibu hamil akan bisa berdampak pada janin. Belum ada bukti dan penjelasan ilmiah yang cukup kuat mengenai hubungan perkembangan janin atau bayi dengan potong rambut. Sehingga berdasarkan medis dan kebanyakan dokter memang tidak mempermasalahkan apabila ibu hamil itu ingin memotong rambut mereka. Bisa dibilang ibu hamil boleh potong rambut selama memang bisa merasakan kenyamanan yang utama bagi ibu hamil.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Potong Rambut

Memang benar kalau ibu hamil itu bisa saja untuk memotong rambut mereka, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya. Sebab memang ada kemungkinan beberapa hal dari itu akan bisa membuat adanya ancaman kesehatan bagi ibu hamil tersebut. Oleh karena itulah bila ibu hamil ingin potong rambut itu seharusnya memperhatikan beberapa hal yang memang sangatlah penting ini.

1. Mencari Salon Yang Bersih

Hal pertama yang harus diperhatikan dan juga diusahakan itu adalah mencari salon yang memang bersih untuk kalian potong rambut. Ini adalah hal yang sangatlah penting loh, karena kebersihan peralatan dan juga lokasi sangatlah penting bagi ibu hamil. Karena kalau salonnya tidak bersih, maka bisa jadi akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Ibu hamil boleh potong rambut di salon bersih.  

2. Mencari Salon Yang Tidak Ramai

Berikutnya perlu juga untuk mencari salon yang tidak terlalu ramai ya, karena kalau terlalu ramai itu sedikit beresiko. Karena kalau salonnya ramai itu akan membuat tempat menjadi sedikit sempit dan beresiko perut akan bersenggolan dengan orang lain. Nah selain itu juga bisa jadi akan membuat perputaran udara jadi tidak terlalu baik, sehingga bisa menyebabkan ibu sulit bernapas. Jadi mencari yang tidak ramai itu sangatlah perlu dilakukan.

3. Menghindari Bahan Kimia    

Berikutnya adalah menghindari bahan kimia, ini adalah hal yang harus dihindar terutama untuk ibu hamil karena sangat berbahaya. Karena penggunaan bahan kimia itu akan bisa berpengaruh pada janin yang mungkin akan jadi berbahaya bagi bayi. Nah pada salon itu ada beberapa tindakan yang mungkin menggunakan bahan kimia, sehingga sangat penting untuk diperhatikan. Ibu hamil boleh potong rambut saja.

Memang adanya mitos sering sekali membuat para ibu hamil kebingungan dan kalian itu bisa install Jovee untuk konsultasi dokter. Bisa konsultasi soal kesehatan ibu hamil dan kebutuhan suplemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *