Categories
Uncategorized

Fungsi Dari Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang dipercaya banyak orang mampu membuat tulang menjadi lebih sehat. Kesehatan tulang sangatlah penting terutama bagi anak-anak, karena dengan menjaga kesehatan dari tulang maka pertumbuhan anak-anak akan berjalan dengan baik. Sampai saat ini banyak masyarakat masih menganggap fungsi vitamin D hanyalah untuk menjaga kesehatan tulang saja. Hal tersebut kurang tepat, karena menurut ilmu gizi vitamin D ternyata memiliki beragam fungsi penting bagi tubuh manusia.

Fungsi Penting Dari Vitamin D

Ada beberapa fungsi penting dari vitamin D :

1. Membantu Meringankan Gejala Depresi Ringan

Fungsi penting dari vitamin D yang pertama adalah untuk meringankan gejala depresi ringan pada seseorang. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin D setiap harinya, maka gejala depresi ringan yang terjadi pada seseorang bisa lebih diringankan. Hal ini dikarenakan fungsi penting dari vitamin D dalam membantu meningkatkan fungsi dari otak manusia. Peningkatan fungsi otak inilah yang mampu mengurangi gejala depresi ringan pada seseorang.

2. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Fungsi penting dari vitamin D yang kedua adalah untuk membantu manusia dalam mencegah terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin D setiap harinya, maka risiko terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh manusia akan diminimalisir. Hal ini dikarenakan di dalam vitamin D terdapat sebuah hormon aktif yang mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh manusia. Selain itu hormon aktif ini juga akan mencegah penyebaran dari sel kanker di dalam tubuh manusia. Maka dari itu vitamin D bisa mencegah berbagai penyakit kanker seperti penyakit kanker prostat, penyakit kanker payudara, dan lain sebagainya.

3. Mencegah Penyakit Sklerosis Ganda

Fungsi vitamin D yang ketiga adalah untuk mencegah terjadinya penyakit sklerosis ganda. Penyakit sklerosis ganda adalah salah satu penyakit auto imun yang membahayakan tubuh seseorang. Penyakit sklerosis ganda menyebabkan antibodi di dalam tubuh manusia menyerang selaput yang melindungi saraf pusat manusia. Akibat dari kondisi tersebut nantinya beberapa organ yang sangat penting dari tubuh manusia seperti sumsum tulang belakang, otak, dan juga mata akan terancam. Tentunya hal tersebut sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya penyakit sklerosis ganda pada tubuh manusia,  maka kebutuhan akan vitamin D harus selalu dipenuhi. Kamu bisa mengkonsumsi makanan atau suplemen khusus yang mengandung vitamin D dan juga berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

Itulah beberapa fungsi penting dari vitamin D untuk tubuh manusia. Jadi setelah kamu memahami hal tersebut, sebaiknya mulai sekarang kamu selalu mencukupi kebutuhan akan vitamin D. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D.

Makanan dan Minuman Kaya Vitamin D

Ada beberapa makanan dan minuman yang kaya akan vitamin D :

  • Oatmeal

Sebanyak 75 gram oatmeal akan mencukupi 16,35% kebutuhan vitamin D harian manusia.

  • Jus Jeruk

Sebanyak 250 ml jus jeruk akan mencukupi 14-16% kebutuhan vitamin D harian manusia.

  • Ikan Tuna

Sebanyak 100 gram ikan tuna akan mencukupi 34% kebutuhan vitamin D harian manusia. Dengan mengkonsumsi ikan tuna maka kita akan merasakan fungsi vitamin D di dalam tubuh kita.

Kamu penasaran dengan informasi bermanfaat yang lain? Dapatkan semuanya hanya di Ngovee. Dapatkan suplemen dan vitamin dengan kualitas terbaik, unduh aplikasi Jovee di Google Play Store maupun App Store. Kamu bisa memperoleh vitamin terbaik di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *