Categories
Uncategorized

Informasi Menu Makanan Diabetes

Untuk para penderita penyakit diabetes memang sudah tidak bisa lagi makan sembarangan, harus dengan menu makanan diabetes. Sebab hanya dari pola makan saja akan bisa sangat mengganggu kadar gula dalam darah pada para penderita penyakit diabetes ini. Oleh karena itulah diperlukan adanya informasi seputar menu makanannya, supaya tahu makanan apa yang boleh dan makanan apa yang tidak boleh. Bukan hanya jenis makanan, akan tetapi pola makan pun perlu diperhatikan, berikut ini penjelasannya.

Menu Makanan Untuk Diabetes

Menu makanan untuk para penderita diabetes itu memang tidak bisa sembarangan, meskipun tetap harus mengandung nutrisi yang lengkap. Ada beberapa aturan memang yang tidak bisa dilanggar bila ini berkaitan dengan makanan untuk penderita diabetes ini. Untuk menunya sendiri sebenarnya seperti biasa tetap terbagi menjadi 3 yakni ada makan pagi, makan siang dan juga makan malam. Selain itu juga harus ada menu makanan ringan ataupun snack di antara jeda makan utama itu.

Untuk makan pagi sendiri memang sering disarankan memakan oat saja, karena itu adalah sumber karbohidrat yang baik bagi diabetes. Kadar gula yang rendah akan sangat menjaga stabilitas dari kadar gula di dalam darah, sehingga bisa sangat terjaga. Setelah itu untuk makan siang dan malam memang sebaiknya nasi diganti dengan nasi merah saja supaya tidak terlalu banyak kadar gula. Menggantinya dengan kentang ataupun jagung atau olahan tepung itu tidak membantu dan tidak termasuk menu makanan diabetes.

Aturan Makan Untuk Penderita Diabetes

Nah sebenarnya dari beberapa menu di atas ada beberapa hal yang menjadi aturan khusus bagi para penderita diabetes untuk makan. Karena memang pada dasarnya pola makan yang harus dijalani itu harus menghitung nutrisi dengan benar supaya kadar gula dalam darah itu bisa stabil. Nah karena itulah bisa dibilang ada semacam aturan yang akan harus ditaati supaya orang itu bisa menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Berikut beberapa aturan yang semestinya diikuti oleh para penderita diabetes.

1. Kandungan Dalam Makanan

Aturan yang paling pertama dalam membuat menu makanan untuk penyakit diabetes adalah kandungan gula yang ada pada makanan. Misalnya nasi itu memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga kalian itu ya harus mengurangi asupan nasi atau tidak makan nasi. Kalian bisa menggantinya dengan nasi merah yang jelas rendah gula atau bisa menggunakan oat ataupun talas. Selain itu sayuran harus dikonsumsi juga dalam menu makanan diabetes, supaya kebutuhan vitamin pun bisa terpenuhi.

2. Jumlah Makanan

Aturan yang kedua adalah jumlah makanan, karena seharusnya tidak makan dengan porsi yang terlalu banyak sekaligus. Karena itu akan bisa meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat, sehingga memang jumlah makanan itu harus dibatasi. Adanya menu diet khusus penderita diabetes itu adalah untuk membatasi asupan makanan yang masuk dalam satu kali makan.

3. Waktu Makan

Aturan terakhir adalah soal waktu untuk makan, jadwal makan untuk penderita diabetes itu memang sangatlah penting sekali. Kalau tidak disiplin dan teratur, maka bisa juga akan meningkatkan gula darah dan itu sangat berbahaya sekali bagi penderita diabetes. Jadi selain menu makanan diabetes, harus perhatikan juga waktu konsumsi.

Salah satu langkah yang harus dilakukan apabila terkena penyakit diabetes adalah harus mengubah pola hidup menjadi hidup sehat. Kalian bisa mendatangi Ngovee, di sana banyak informasi yang bisa membantu kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *