Categories
Uncategorized

Ini Kandungan Gizi Alpukat Yang Menyehatkan

Kandungan alpukat terdiri dari berbagai serat dengan manfaat yang menyehatkan. Buah alpukat sendiri telah dikenal sebagai salah satu superfood sebab kaya akan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Salah satu gizi yang terdapat pada alpukat adalah lemak.

Namun perlu Anda ketahui bahwa alpukat juga kaya akan nutrisi dan gizi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh Anda. Alpukat sendiri memiliki kecenderungan aman untuk dikonsumsi oleh banyak orang.

Walau begitu, seseorang dengan sindrom iritasi pada usus sebaiknya hati-hati ketika mengonsumsi buah ini sebab memiliki potensi untuk memicu masalah, seperti kembung, diare, kram perut, dan bahkan hingga sembelit. Selain itu Anda pun perlu memastikan apakah asupan alpukat telah sesuai dengan aktivitas sehari-hari Anda beserta jumlah kalori yang dibutuhkan oleh Anda dalam satu hari.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Alpukat

Berikut ini kandungan gizi alpukat yang menyehatkan tubuh

  • Lemak

Kandungan alpukat pertama adalah lemak, atau lebih tepatnya yaitu asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis asam lemak paling banyak dikandung dalam buah ini merupakan asam oleat, yang juga menjadi komponen utama dari minyak zaitun.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang berasal dari sumber nabati seperti halnya alpukat ini dikenal sebagai lemak yang baik sebab bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes dan peradangan. Kandungan pada alpukat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Satu buah alpukat setidaknya mempunyai kandungan kurang lebih 30 gram lemak, 20 gram lemak tak jenuh tunggal, 4 gram lemak jenuh dan 3.6 gram lemak tak jenuh ganda. Sebagian besar kalori yang ada pada alpukat memang berasal dari lemak.

  • Karbohidrat

Kandungan gizi alpukat berikutnya adalah karbohidrat. Dalam 100 gram alpukat setidaknya terdapat 1,8 gram karbohidrat. Selain itu alpukat juga termasuk buah dengan kandungan gula paling sedikit dibandingkan jenis buah-buahan lainnya.

Karena memiliki kadar gula rendah, alpukat pun cenderung mempunyai indeks glikemik yang rendah. Oleh sebab itu alpukat termasuk buah yang menyehatkan sebab jika dikonsumsi hanya sedikit menaikkan kadar gula.

  • Serat

Kandungan alpukat lainnya yang tak kalah menarik adalah serat. Dalam 100 gram alpukat setidaknya terdapat 6 gram serat. Ini cukup tinggi, bahkan bisa memenuhi kurang lebih 24 persen kebutuhan serat per hari yang disarankan. Bahkan kandungan seratnya memenuhi kurang lebih 70 persen bagian dari buah ini.

Dengan konsumsi serat dalam jumlah banyak, Anda bisa mengatur nafsu makan, menyediakan makanan bagi bakteri baik yang ada di usus, serta mengurangi resiko mengalami berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, diabetes, obesitas, sampai depresi.

  • Vitamin dan Mineral

Kandungan gizi alpukat berikutnya adalah berbagai jenis vitamin dan mineral. Dalam 68 gram atau sekitar ½ cangkir alpukat, Anda bisa memperoleh kalium dengan kadar cukup tinggi yaitu 345 miligram. Alpukat juga memiliki kandungan 5 miligram sodium dan 19 miligram magnesium.

Mengenai vitamin, alpukat mempunyai kandungan vitamin A sebesar 43 mikrogram, vitamin K sebesar 14 mikrogram, vitamin E sebesar 1,3 miligram, dan vitamin B sebesar 0,2 miligram. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin B3, vitamin B5, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, zinc, folat, tembaga, dan kolin. Begitu banyak jenis vitamin dan mineral dalam kandungan alpukat tentu sangat bermanfaat untuk tubuh Anda.

Bergabunglah sekarang untuk mulai hidup sehat. Download aplikasi Ngovee di Google Play Store ataupun App Store. Dengan Ngovee Anda bisa mengetahui rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan pribadi. Segera dapatkan vitamin terbaik hanya di Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *