Categories
Tips

Inilah Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Selain menjaga kesehatan dirinya, janin dalam kandungan juga harus mendapatkan asupan sehingga tetap sehat dan lahir dalam keadaan sehat. Banyak sekali nutrisi esensial yang harus dipenuhi dan bisa didapatkan dari makanan seperti kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya ibu hamil memiliki sistem kekebalan yang rendah. Karena itu, tidak dibolehkan memakan makanan mentah. Setiap makanan harus terbebas dari bakteri dan patogen yang dapat membahayakan kesehatan ibu atau janin. Begitu juga saat memakan kacang hijau yang harus dalam keadaan matang.

Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur dengan rasa yang tentu enak. Selain itu, kacang hijau juga bisa dilunakkan terlebih dulu dengan direndah air. Namun jangan rendah terlalu lama karena bisa tumbuh kecambah.

Nutrisi Berbeda Antara Kacang Hijau Dengan Taoge

Kacang hijau yang sudah berkecambah akan menjadi taoge. Tentu saja komposisi yang terdapat di dalamnya berbeda. Kalori dalam taoge lebih kecil dibandingkan kacang hijau. Meski taoge mengandung antioksidan dan asam amino lebih banyak, namun terdapat asam fitat dalam jumlah sedikit. Asam fitat tersebut adalah antinutrien sehingga mengurangi penyerapan mineral seperti magnesium, zinc dan kalsium. Jadi agar mendapatkan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, jangan sampai berkecambah dan menjadi taoge.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti vitamin B1, B9 dan zat besi, manfaat kacang hijau sangat penting bagi ibu hamil dan juga bagi bayi. Kacang hijau sendiri secara umum memiliki manfaat, seperti:

·         Menurunkan kadar kolesterol

·         Meningkatkan sistem kekebalan

·         Mengurangi resiko kanker

·         Menjaga berat badan

·         Meredakan gejala PMS

·         Melancarkan pencernaan

Sedangkan berikut ini manfaat kacang hijau untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat tabung saraf bayi

Kacang hijau mengandung asam folat atau vitamin B9 yang penting bagi kandungan. Pada masa kehamilan, jika asam folat terpenuhi maka bayi bisa terhindar dari cacat lahir seperti cacat tabung saraf. Dengan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari, bayi bisa terhindar dari kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

2. Memenuhi kebutuhan zat besi

Zat besi yang terkandung dalam kacang hijau juga bisa menjadi pemenuh nutrisi harian tersebut. Ibu hamil bisa menghasilkan sel darah merah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi untuk bayi. Setidaknya ibu hamil membutuhkan zat besi sebanyak 25 mg per hari. Mineral tersebut juga bisa membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta, khususnya pada usia kehamilan trisemester kedua dan ketiga. Sedangkan kekurangan zat besi bisa meningkatkan resiko anemia, bayi juga bisa lahir dengan berat badan rendah, lahir prematur atau bahkan mati saat lahir.

3. Membantu tumbuh kembang otak bayi

Kacang hijau juga mengandung vitamin B1 atau tiamin. Manfaatnya adalah menyediakan energi yang berasal dari lemak, protein dan karbohidrat. Dengan tiamin yang tercukupi maka kesehatan bayi akan terjaga. Bahkan bisa menjaga fungsi otot, saraf dan jantung dari ibu hamil, dan membantu perkembangan otak bayi.

Dengan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil seperti di atas, mengonsumsi makanan tersebut bisa jadi pilihan terbaik dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Silahkan kunjungi Jovee dengan informasi seputar kesehatan lain. Dapatkan suplemen dan vitamin kesehatan dengan mengunduh aplikasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *