Categories
Kesehatan

Insomnia adalah Gangguan Tidur, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

insomnia adalah

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang bisa menjangkit siapapun. Gangguan ini tentu akan membuat perasaan menjadi tidak nyaman dan mengganggu produktivitas di keesokkan harinya. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab dari insomnia ini, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Stres

Orang-orang pada usia produktif mungkin akan mengalami yang namanya insomnia. Hal tersebut dikarenakan pada masa ini mereka mengalami proses peralihan dari remaja menuju dewasa. Kekhawatiran-kekhawatiran mulai muncul dalam pikiran mereka, mulai dari masa depan yang menghantui atau karir yang masih belum jelas.

Pikiran yang pergi entah kemana pada saat malam hari akan membuat otak terus bekerja sehingga lupa bahwa saat itu harus tidur dan beristirahat. Adanya tekanan-tekanan pada psikis akan memicu stress dan membuat kita susah tidur. Solusi untuk masalah ini mungkin hanya satu, yaitu mencari rekan untuk mendengarkan cerita dari keluh kesah Anda.

Dengan bercerita, mungkin beberapa masalah atau ketakutan akan mendapatkan solusi. Paling tidak, jika rekan Anda tidak mampu memberi solusi, perasaan Anda sudah plong karena sudah mengeluarkan semua unek-unek dalam hati. Jika memang masih susah tidur, mungkin Anda bisa mencari hiburan lain di akhir pekan.

Pola Tidur yang Buruk

Penyebab yang kedua ini mungkin banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan tidak menentu atau freelancer. Ketika ada pekerjaan dengan batas pengumpulan mendadak tentu Anda akan memprioritaskan untuk menyelesaikannya, tidak peduli dengan waktu tidur. Akhirnya, pola tidur pun akan rusak.

Anda akan susah memulai tidur di malam hari, dan akan terus terjadi sampai berhari-hari. Penyebab insomnia yang ini bisa diatasi dengan mengembalikan pola tidur yang benar. Anda bisa melakukan secara perlahan namun pasti. Jika sudah berhasil, jangan sampai mengulangi hal yang sama di kemudian hari.

Makan Sebelum Tidur

Insomnia adalah masalah yang susah-susah mudah diatasi, oleh karenanya Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab ketiga yang bisa memicu insomnia adalah mengkonsumsi makanan pada saat sebelum tidur. Meskipun hal ini aman untuk dilakukan, namun dampak lainnya adalah Anda akan sedikit sulit untuk tidur.

Mungkin jika hanya dalam jumlah yang kecil tidak akan memicu insomnia. Permasalahannya adalah ketika Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, karena hal ini akan membuat pencernaan menjadi tidak nyaman. Beberapa orang mungkin akan mengalami mulas, sehingga akan membuat Anda menjadi susah tidur.

Konsumsi Kafein, Nikotin dan Alkohol

Penyebab insomnia selanjutnya adalah konsumsi kafein, nikotin atau alkohol. Kebiasan minum kopi pada malam hari mungkin menjadi sebuah hal yang wajar bagi sebagian orang. Namun hal ini ternyata menjadi salah satu pemicu masalah gangguan tidur. Tidak hanya kafein, konsumsi nikotin ternyata juga bisa menjadi pemicunya.

Mungkin akan sedikit susah untuk dihindari, karena kafein ataupun nikotin mengandung zat adiktif yang membuat orang telah mengkonsumsinya menjadi candu. Begitu pula dengan konsumsi alkohol, selain mengganggu kesehatan, dampak lainnya juga akan mengganggu pola tidur Anda. Jadi, jika ingin tidur dengan pola yang benar, mungkin Anda bisa sedikit menguranginya.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang insomnia dan penyebabnya. Jadi, secara singkat, insomnia adalah gangguan susah tidur yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Ada banyak cara untuk bisa mengatasinya, salah satunya adalah menghindari beberapa hal yang bisa menjadi penyebab susah tidur seperti yang telah disebutkan di atas.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *