Categories
Obat

Jangan Sepelekan! Ini 6 Manfaat Selenium untuk Tubuh

manfaat selenium

Air putih adalah sumber mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jenis mineral tersebut adalah selenium yang bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata selain bisa ditemukan pada air minum, selenium bisa ditemukan pada makanan lain. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini mengenai manfaat selenium untuk tubuh. 

1. Menjaga Kesehatan Otak

Apabila Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral berupa selenium dapat menjaga kesehatan otak. Terutama jika Anda mengonsumsinya secara rutin dan dalam takaran yang tepat. 

Misalnya saja mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Apabila Anda rutin, otak tetap terjaga kesehatannya dan Anda bisa fokus bekerja. Begitu dengan kinerja anggota tubuh lainnya. Selain bisa bekerja maksimal, kesehatan anggota tubuh lainnya juga semakin terjaga optimal. 

2. Anti Peradangan

Peradangan biasanya terjadi saat sel darah putih sedang menghalau benda asing yang ingin masuk kedalam tubuh. Benda asing ini bisa saja berupa bakteri, parasit, ataupun bakteri. Saat sel darah putih ini berperang, akan terjadi gejala seperti demam, nyeri, badan terasa berat dan lain sebagainya. Apabila tubuh tidak memiliki daya tahan yang cukup, tidak lama sistem imunitas tubuh menjadi kalah dengan serangan benda asing.

Oleh karena itu, sebagai penambah kekuatan atau daya tahan tubuh terhadap serangan benda asing perbanyak asupan nutrisi, termasuk selenium. Hal ini menjadi penting karena radang atau biasa disebut sebagai inflamasi ini bisa menyebabkan aktivitas Anda terganggu. Sebagai pencegahan, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

3. Antioksidan Kuat

Manfaat selenium untuk tubuh lainnya adalah sebagai antioksidan. Selenium yang berperan sebagai antioksidan ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif dengan menjaga jumlah radikal bebas agar tetap terkontrol.

Adapun selenium akan berperan dengan cara menetralkan radikal bebas yang berlebih dan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker, serta penuaan dini dan risiko stroke.

4. Mendetoksifikasi Tubuh

Mineral berupa selenium ini juga bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Proses ini sangat penting sekali agar racun atau kandungan lain yang membahayakan tubuh dapat disterilkan terutama dalam hati. Adapun selenium bekerja dengan membuang zat-zat berbahaya yang masuk lewat makanan. Misalnya zat-zat berbahaya dan beracun dari makanan olahan. 

5. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Pengonsumsian selenium yang baik ternyata juga bisa menjaga kesehatan sistem reproduksi, baik itu laki-laki maupun perempuan. Salah satu manfaatnya untuk perempuan adalah memperlancar masa menstruasi. Sedangkan bagi laki-laki dapat menjaga kualitas sperma. Bagi pasangan suami istri, selenium ini sangat bermanfaat terutama bagi perkembangan janin.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Selenium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Apabila Anda kekurangan selenium dapat memicu masalah pada jantung dan tekanan darah. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan selenium. Misalnya saa ikan tuna, daging sapi, hingga ayam kalkun. 

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat selenium untuk tubuh yang bisa Anda pahami. Mulai sekarang jaga kesehatan tubuh dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter atau tenaga medis terkait kondisi Anda.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *