Categories
Tips

Jenis Ikan Dengan Kandungan Minyak Ikan Tinggi

Minyak ikan merupakan salah satu sumber omega 3 yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi ikan dengan kandungan minyak ikan tinggi memberikan asupan omega-3 yang cukup untuk kebutuhan harian. Minyak ikan untuk daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan organ-organ tubuh lainnya.

Pentingnya Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Kebutuhan omega-3 orang dewasa rata-rata adalah sekitar 250 hingga 500 mg per hari yang dapat diperoleh dengan konsumsi minyak ikan yang cukup. Fungsi minyak ikan adalah memelihara daya tahan tubuh, menjaga organ tubuh seperti jantung dan fungsi hati. Selain itu minyak ikan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi otak.

Jenis Ikan Penghasil Omega-3 Tinggi

Minyak ikan atau asam lemak omega-3 memiliki tiga jenis yaitu ALA, DHA, dan EPA. Minyak ikan untuk daya tahan tubuh dapat anda temukan pada beberapa jenis ikan berikut ini:

1. Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri adalah jenis ikan air asin yang banyak ditemukan di lautan. Ikan tenggiri mengandung minyak ikan omega-3 sebanyak 4,107 mg per porsi. Anda bisa mengonsumsi ikan tenggiri dengan cara di asap atau di fillet untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

2. Salmon

Omega-3 tinggi dapat anda temukan di ikan salmon. Ikan salmon juga mengandung protein dengan kualitas tinggi serta nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti vitamin D, vitamin B, dan juga selenium. Ikan salmon dapat dijadikan sebagai sumber minyak ikan omega3 yang baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung, depresi dan demensia.

3. Ikan Kod

Ikan kod adalah jenis ikan yang paling banyak digunakan sebagai sumber penghasil minyak ikan. Hati ikan kod memiliki kandungan lemak baik yang sangat tinggi. Minyak ikan yang berasal dari hati ikan kod tidak hanya mengandung omega 3 tetapi juga kaya akan kandungan vitamin D dan vitamin A.

4. Tiram

Minyak ikan untuk daya tahan tubuh dapat anda temukan juga pada tiram. Tiram merupakan salah satu makanan laut dengan kandungan gizi yang tinggi namun juga sangat lezat. Tiram juga memiliki kandungan seng yang lebih tinggi dibandingkan makanan jenis lain. Kandungan minyak ikan dari tiram sekitar 370 mg per 6 buah tiram.

5. Sarden

Ikan sarden meskipun kecil tetapi memiliki kandungan minyak ikan yang cukup tinggi. Ikan sarden memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Anda bisa mendapatkan vitamin B12, RDI, dan selenium dari ikan sarden selain minyak ikan.

Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 bagi tubuh, konsumsi ikan setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Tambahkan juga suplemen makanan yang mengandung minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan harian. Kebutuhan minyak ikan harian yang tercukupi membantu daya tahan tubuh lebih kuat.

Rutin mengonsumsi minyak ikan juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit serius seperti penyakit jantung, penyakit darah tinggi hingga berkurangnya fungsi otak. Minyak ikan yang mengandung omega-3 dapat ditemukan pada jenis-jenis ikan berlemak tinggi. Asam lemak jenuh pada ikan yang berlemak menjadi sumber minyak ikan yang sehat.

Suplemen makanan dengan kandungan minyak ikan dapat anda beli tanpa resep dokter dan bisa anda konsumsi setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Penuhi kebutuhan minyak ikan untuk daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh.

Dapatkan suplemen terbaik hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee di Playstore maupun Appstore. Dapatkan vitamin dengan harga terbaik hanya di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *