Categories
Uncategorized

Kenali Manfaat Ginkgo Biloba Bagi Kesehatan

Apa itu Ginkgo Biloba? Sudah cukup lama ginkgo biloba dikenal karena beragam manfaatnya bagi kesehatan. Dimulai dari biji dan daun yang termasuk bagian penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Sampai saat ini manfaat ginkgo biloba sendiri kerap dihubungkan dengan fungsi otak dan sirkulasi darah.

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Tiongkok, Korea dan Jepang. Memiliki bentuk pohon besar dengan daun yang berbentuk menyerupai kipas. Ginkgo biloba atau ginkgo juga dikenal dengan sebutan pohon rambut gadis, merupakan satu-satunya jenis yang masih ada pada divisi Ginkgophyta. Seluruh spesies atau jenis lainnya sudah punah. Daun ginkgo biloba ini dikenal mempunyai beragam manfaat, sekalipun tak diketahui ada atau tidak penelitian yang mendukung hal itu.

Manfaat Ginkgo Biloba Bagi Kesehatan

Ada dua hal yang utama dari ginkgo biloba yaitu manfaat antioksidan dan antiradang sehingga menyehatkan bagi tubuh. Terlebih lagi kemampuan ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah. Kemudian apa itu Ginkgo Biloba dan manfaatnya bagi kesehatan?

  • Meningkatkan fungsi otak

Otak merupakan salah satu organ manusia paling penting yang dapat memperoleh manfaat dari ginkgo biloba dengan peningkatan fungsinya. Berdasarkan beberapa penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi ginkgo biloba mempunyai daya ingat yang lebih bagus dan kemampuan fokus yang lebih lama. Walau begitu, manfaat dari ginkgo biloba tak memiliki pengaruh signifikan pada fungsi kapasitas memberikan perhatian otak.

  • Bagus untuk sirkulasi darah

Dengan konsumsi ginkgo biloba sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal ini telah dipercaya sejak berabad-abad lalu oleh pengobatan tradisional Tiongkok. Dahulu ekstrak ginkgo biloba dikonsumsi guna memperlancar aliran darah ke beberapa organ seperti otak, hati, ginjal dan paru-paru.

Pada suatu penelitian, diketahui bahwa ginkgo biloba bisa menambah aliran nitrogen oksida di seluruh tubuh sampai 12%. Dengan manfaat ginkgo biloba, kesehatan jantung pun semakin meningkat. Bahkan ginkgo biloba ini juga bisa mencegah stroke.

  • Mengatasi peradangan

Peradangan merupakan respon alami dari tubuh ketika mengalami cedera ataupun terdapat substansi asing yang memasuki bagian tubuh. Bila terjadi secara terus menerus, jaringan tubuh dan DNA beresiko mengalami kerusakan. Sementara itu apa itu Ginkgo Biloba dan manfaat lainnya adalah dapat meredakan peradangan seperti pada penderita stroke, jantung, kanker, dan arthritis atau gangguan pada sistem pencernaan.

  • Meredakan migrain dan sakit kepala

Untuk Anda yang kerap mengalami migrain dan sakit kepala, ginkgo biloba sering direkomendasikan menjadi obatnya. Kandungan dari ginkgo biloba diyakini bisa mengatasi stres yang memicu sakit kepala. Tak sebatas itu, jika seseorang merasakan sakit kepala karena pembekuan darah, manfaat dari ginkgo biloba yang bisa memperlancar aliran darah dapat menjadi solusinya.

Apakah Ada Efek Samping Ginkgo Biloba Bagi Kesehatan?

Bila dikonsumsi kurang tepat atau berlebihan nantinya bisa meningkatkan resiko mengalami beberapa efek samping ringan, misalnya seperti pusing dan nyeri di kepala, sakit perut, perut terasa sembelit, jantung yang berdebar-debar, iritasi di mulut, dan reaksi alergi dari obat pada kulit.

Walaupun manfaat dari ginkgo biloba sangat banyak, namun penting bagi Anda untuk mencari tahu seperti apa respon tubuh ketika Anda mengonsumsinya. Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai apa itu Ginkgo Biloba dan manfaatnya bagi kesehatan untuk mengetahui keamanannya.

vc Ingin tahu apakah gaya hidup Anda termasuk sehat? Download aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda bisa melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan pribadi. Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *