Categories
Uncategorized

Kenapa Perusahaan Memberikan Tunjangan Pada Karyawannya?

Sebuah perusahaan tidak akan berjalan kalau perusahaan tersebut tidak ada karyawannya, sebab yang bisa membuat perusahaan berjalan lancar adalah karyawan yang bekerja dengan baik. Perusahaan bisa saja bangkrut kalau perusahaan tersebut tidak memberikan tunjangan, kalau perusahaan tidak menyediakan tunjangan untuk karyawannya jelas karyawan mana yang akan mau bekerja. Sebab hanya dengan gaji saja tidak akan cukup penghasilannya, makanya karyawan itu membutuhkan tunjangan tersebut. Kalau perusahaannya besar pasti tidak hanya menyediakan satu macam tunjangan saja tetapi macam macam tunjangan karyawan akan diberikan, jadi kesimpulannya adalah perusahaan memberikan tunjangan karena ingin karyawannya lebih rajin bekerjanya.

4 Macam Tunjangan Yang Wajib Diperoleh Karyawan

Perusahaan bisa dikatakan bagus kalau perusahaan tersebut memberikan gaji yang besar, tetapi bukan itu saja karena kalau gaji besar tapi tunjangan wajib untuk karyawan tidak ada maka jelek perusahaan tersebut. Sebab kalau gaji itu sudah menjadi hal yang wajib diperoleh, tetapi kalau tunjangan itu diberikan kalau karyawan memang bekerja tidak melebihi tugas yang diberikan. Untuk tunjangan yang nantinya akan diberikan oleh perusahaan itu berbeda-beda macamnya, setiap perusahaan itu memberikan tunjangannya tidak sama jumlahnya. Kalau perusahaannya besar pasti tunjangannya seperti di bawah ini.

· Transportasi

Untuk macam macam tunjangan karyawan pertama ini diberikan untuk karyawan yang bekerjanya tidak di ruangan kantor, tetapi bekerjanya di luar kantor alias di lapangan. Untuk posisi yang seringnya memperoleh tunjangan ini adalah marketing, atau karyawan yang sering keluar kota untuk melakukan perjalanan dinas. Untuk tunjangan ini bisa langsung berupa uang, tunjangan bisa diperoleh saat menerima gaji atau langsung cair setelah tugas dinasnya selesai. Kalau mau mencairkan tunjangan ini butuh kuitansi, jadi kalau beli tiket atau bahan bakar disimpan bukti pembayarannya.

· Lembur

Semua karyawan pastinya akan merasakan yang namanya lembur, lembur sendiri dilakukan kalau ada pekerjaan yang belum selesai dan harus diselesaikan pada hari itu juga. Meskipun sudah melewati batas waktu bekerja yang tertera di kontrak pekerjaan, karena waktu bekerjanya sudah melebihi batas yang ditentukan makanya perusahaan menyiapkan tunjangan lembur ini. Kalau perusahaan mengharuskan karyawannya lembut tetapi tidak memberikan tunjangan lembur maka terkena sanksi karena melanggar undang-undang.

· Kesehatan

Untuk tunjangan kesehatan ini yang wajib diperoleh karyawan jadi kalau tidak memperolehnya lebih baik keluar saja dari perusahaan tersebut. Karena perusahaan tidak memperhatikan kesehatan karyawannya, selain karena penting untuk menjaga keselamatan karyawan. Perusahaan juga wajib memberikannya karena pemerintah sudah mewajibkan perusahaan itu memberikan tunjangan tersebut.

· Hari Raya

Untuk macam macam tunjangan karyawan yang terakhir adalah hari raya, tunjangan ini tidak setiap bulannya diperoleh. Untuk mendapatkannya harus menunggu sampai hari raya saja, untuk aturan pemberian THR ini sebelum hari raya tiba. Besarnya tunjangan ini sama seperti gaji selama satu bulan, jadi lumayan sekali kalau mendapatkannya.

Penyebab Utama Seorang Karyawan Tidak Memperoleh Tunjangan

Seorang karyawan bisa saja tidak memperoleh tunjangan kalau karyawan tersebut bekerjanya tidak di perusahaan resmi. Kalau perusahaannya tidak tercatat perizinannya maka besar kemungkinannya tunjangan tidak diperoleh dan bisa juga gaji tidak dibayarkan. Jadi baiknya kalau mau memilih perusahaan yang menawarkan lebih dari satu macam tunjangan, jadi nantinya bisa dapat banyak macam macam tunjangan karyawan.

Konsultasikan kesehatan karyawan dengan aplikasi Lifepack, aplikasi apotek online terbaik dan aplikasi konsultasi dokter secara online dengan harga yang murah dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *