Categories
Penyakit

Kenapa Sampai Bisa Terkena Hemokromatosis?

Hemokromatosis merupakan kondisi tidak normal yang menyebabkan tubuh akan menyerap banyak zat besi yang berasal dari makanan. Sehingga nantinya tubuh akan kelebihan zat besi, jadi bisa dikatakan kalau penyebab Hemokromatosis adalah kadar zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Sebenarnya zat besi sendiri sangatlah dibutuhkan oleh tubuh karena bisa membantu penyaluran oksigen ke organ juga jaringan dalam tubuh. Tetapi zat besi baru bisa bermanfaat kalau kadarnya itu cukup, kalau sampai berlebihan maka zat besi ini bisa jadi racun jadi perlu memperhatikan kadar zat tersebut agar kondisi badan sehat.

Komplikasi Yang Terjadi Karena Hemokromatosis

Umumnya untuk penderita Hemokromatosis tidak merasakan gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit lainnya makanya kadang bingung terkena atau tidak. Kalau sudah mengalami penyebab Hemokromatosis biasanya ada perubahan pada tubuh, contohnya saja merasa lemas, kerontokan bulu di tubuh, warna kulit berubah jadi keabuan dan juga nyeri sendi. Kalau sudah muncul gejala seperti itu tidak boleh dianggap remeh sebab kalau dibiarkan berlanjut malah akan menjadi berbahaya. Hemokromatosis kalau parah bisa menyebabkan komplikasi dan komplikasi yang disebabkan Hemokromatosis ada di bawah ini.

·         Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes yang biasanya disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam tubuh bisa juga dikarenakan oleh Hemokromatosis. Jadi kalau memang terkena diabetes maka yang harusnya dicek bukan saja kadar gulanya rendah atau tinggi saja tetapi cek juga apakah zat besi itu ada banyak atau tidak di tubuh. Jika terkena diabetes ini mudah saja cara penganannya tinggal perbaiki saja pola makannya, jauhi makanan yang banyak mengandung gula dan juga zat besi karena itu yang jadi penyebab Hemokromatosis.

·         Gagal Jantung

Organ tubuh yang paling penting adalah jantung, kalau jantung ini ada gangguan seperti gagal jantung pastinya yang taruhan adalah nyawa. Gagal jantung ini bisa saja terjadi kalau ada banyak zat besi yang mengendap pada jantung, jadi bukan saja disebabkan keturunan saja penyakit tersebut. Agar tidak merasakan penyakit gagal jantung ini maka asupan zat besinya jangan berlebihan.

·         Radang Sendi

Radang sendi yang biasanya karena kurangnya kalsium juga dikarenakan zat besi juga yang terlalu berlebihan. Sebenarnya zat besi sendiri dibutuhkan sekali untuk menyehatkan dan juga membantu pertumbuhan tulang makanya makanan yang penuh dengan zat besi harus dikonsumsi. Tetapi kalau sampai berlebihan bukan saja jadi penyebab Hemokromatosis tetapi jadi penyebab radang sendi juga.

·         Mengalami Impotensi

Siapa pun pasti tidak mau sampai impotensi sebab kalau impotensi jelas tidak bisa dikatakan sebagai pria sejati. Impotensi juga terjadi karena Hemokromatosis, sebab aliran darah dan oksigen ke organ kelamin itu menjadi tidak lancar.  Maka dari itu yang terkena Hemokromatosis biasanya akan susah untuk ereksi karena berbahaya sekali untuk kaum pria makanya harus berhati-hati.

Cara Mudah Mencegah Terjadinya Hemokromatosis

Kalau Hemokromatosis sendiri dibedakan menjadi dua yaitu primer dan juga sekunder, kalau yang primer tidak bisa dicegah karena penyebabnya adalah faktor keturunan. Tetapi kalau sekunder itu mudah sebab penyebab hemokromatosis sendiri adalah kurangi makanan yang banyak zat besi dan jangan pernah minum alkohol pasti tidak mungkin terkena Hemokromatosis.

Konsultasi tidak perlu bayar dengan dokter umum dan bisa juga beli obat rutin. Maka unduh saja aplikasi Lifepack melalui Playstore juga Appstore, apotik online untuk membeli obat paling mudah dan tidak perlu antri juga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *