Categories
Obat

Ketahui Cara Penggunaan Dan Dosis Obat Etorixocib

Pada umumnya, banyak dari masyarakat yang belum mengetahui tentang istilah medis. Tak heran ketika ditanya tentang obat etoricoxib, masyarakat umumnya menimpali dengan ungkapan “etoricoxib obat apa?”. Etoricoxib merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan juga bengkak yang terjadi pada otot dan juga sendi bagi penderita rematik, osteoarthritis, ankylosing spondylitis dan juga asam urat.

Etoricoxib dapat berguna untuk mengobati nyeri yang dirasakan pasien pasca operasi gigi dalam jangka yang pendek. Etoricoxib sendiri adalah obat yang masuk dalam kategori obat penghambat COX-2 selektif, yang mana dalam keluarga obat dinamakan NSAID atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs. Salah satu merek umum dari obat etoricoxib yakni merek Arcoxia.

Cara Penggunaan Etoricoxib

Setelah mengetahui etoricoxib obat apa, maka berikutnya perlu mengetahui tentang cara penggunaan dari obat etoricoxib. Terlebih dahulu penggunaan obat ini haruslah sesuai dengan arahan dokter dan juga apoteker. Obat juga tidak diperkenankan untuk digunakan pada anak kecil dan juga remaja di bawah umur 16 tahun. Penggunaan obat ini dilakukan secara oral sekali dalam sehari. Konsumsi obat dapat dilakukan baik itu sebelum maupun sesudah makan, dan tidak diperkenankan untuk mengonsumsi melebihi dosis yang telah disarankan oleh dokter sesuai dengan kondisi dari masing-masing pasien.

Sebelum pemberian obat, terlebih dahulu dilakukan diskusi untuk pengobatan antara pasien dengan dokter dimana dosis terendah digunakan untuk mengontrol nyeri dan tidak diperkenankan untuk penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengakibatkan risiko terjadinya serangan jantung maupun stroke karena dosis yang tinggi dan pemakaian jangka waktu yang lama.

Dosis Penggunaan Etoricoxib

Sebelum menggunakan obat, perlu mengetahui anjuran dari dokter dan apoteker yang terkait. Dosis penggunaan obat bagi dewasa yakni:

·         Bagi penderita osteoarthritis yakni 60 mg sekali dalam sehari.

·         Bagi penderita rematik yakni 60 mg sekali dalam sehari.

·         Bagi penderita asam urat akut yakni 60 mg sekali dalam sehari selama 8 hari.

·         Bagi penderita gangguan hati ringan dan sedang yakni 60 mg sekali dalam sehari.

·         Adapun dosis yang ditawarkan dalam obat yang tersedia yakni dalam bentuk tablet ukuran 30 mg, 60 mg, 90 mg dan terakhir 120 mg.

Efek Samping Etoricoxib

Setelah tadi mengetahui tentang etoricoxib obat apa, cara penggunaan dan dosis, berikut efek samping yang dapat dimungkinkan terjadi pada saat konsumsi obat. Tidak semua obat yang diminum dapat menimbulkan efek samping, namun konsumsi dapat dihentikan bila telah terjadi gejala seperti di bawah ini.

·         Pergelangan kaki yang bengkak dan cenderung memburuk

·         Dada yang terasa sakit

·         Kesulitan dalam bernapas

·         Sakit perut parah yang berkelanjutan

·         Kulit dan juga mata terlihat menguning yang menjadi tanda masalah hati

·         Reaksi alergi pada kulit seperti kulit yang melepuh atau ulkus

·         Terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, wajah maupun tenggorokan yang mana menyebabkan kesulitan dalam bernapas.

Umumnya efek samping dirasakan pada saat dosis yang dikonsumsi melebihi dari aturan yang diberikan. Bila terjadi gejala efek samping seperti di atas yang mengganggu kestabilan tubuh, segera konsultasikan kepada dokter maupun pihak medis.

Demikian penjelasan terkait dengan etoricoxib obat apa, dosis, cara penggunaan dan efek samping yang semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Nikmati kemudahan dalam melakukan pembelian obat saat ini hanya di Lifepack. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Lifepack, solusi mudah beli obat tanpa antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *