Categories
Tips

Ketahui Ragam Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Sawo ialah buah yang disukai oleh banyak orang. Sawo ini sendiri adalah salah satunya buah yang sudah banyak tumbuh pada daerah tropis tentu termasuk Indonesia. Terdapat banyak manfaat buah sawo ini bagi kesehatan badan atau tubuh anda. Manfaat buah sawo ini ada beragam di balik dari cita rasanya buah sawo ini yang manis. Yaitu misal buah sawo akan dapat bermanfaat seperti menurunkan tingkat gula darah serta menjaga kesehatan pencernaan juga.

Buah sawo ini umumnya bisa dinikmati sebagai pencuci mulut dikarenakan teksturnya yang memang lembut serta rasanya dan aromanya buah sawo juga yang manis. Kita bisa mengonsumsi buah sawo dengan cara langsung dimakan atau dengan cara menjadikannya jus serta selai.

Mengenal Kandungan Nutrisi Apa Saja DI Dalam Sawo

Dari manfaat sawo ini bisa didapatkan tentu tak lepas dari beragam nutrisi tertentu yang dikandung buah sawonya. Dalam sebuah buah sawo terkandung 140 kalori kurang lebih. Selain itu, berbagai nutrisi yang lainnya ada juga dalam buah sawo yang bisa bermanfaat untuk tubuh. Dalam buah sawo ada manfaat buah sawo Karbohidrat, unsur Serat, Lemak dan Mineral.

Mineral pada buah sawo bisa seperti kalsium, zat besi, potasium, dan magnesium. Ada pun Vitamin jelas di buah sawo termasuk seperti vitamin C, vitamin B 6 dan vitamin A. Tak hanya itu saja, buah sawo mengandung juga antioksidan, yaitu di antaranya seperti polifenol dan juga karotenoid.

Beragam Macam Manfaat Sawo Untuk Kesehatan

Dari berbagai macam jenis nutrisi yang telah terkandung dalam buah sawo bisa jelas membawa banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat dari buah sawo tersebut.

·       Mampu menurunkan tingkat gula darah

Pada buah sawo ini seperti yang sudah diulas di atas yaitu ada kandungan polifenol tinggi. Sehingga kandungan manfaat buah sawo ini yang dapat merangsang sistem pengeluaran hormon jenis insulin yang tentu diperlukan tubuh dalam mengangkut gula. Gula ini yaitu berasal dari aliran darah menuju sel-sel di dalam tubuh. Jadi dengan buah sawo maka kadar gula tersebut menjadi turun dan menunjang kesehatan. Hal ini bisa membantu menurunkan juga risiko Anda akan terkena diabetes jenis tipe 2. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat buah sawo lainnya.

·   Bisa menjaga kesehatan pencernaan

Jika dibandingkan buah sawo dengan ragam buah tropis lain, maka sawo tersebut memiliki kandungan berupa serat lebih tinggi. Kandungan serat buah sawo bahkan yang lebih tinggi dibandingkan dengan dari pada buah apel. Berkat dari kandungan serat buah sawo dan juga polifenolnya buah sawo tersebut yang tinggi, maka sawo bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Selain buah sawo dapat melancarkan proses buang air besar, maka kedua nutrisi buah sawo ini bisa berperan aktif untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik. Lalu bisa juga melawan bakteri sehingga mencegah bakteri yang dapat membahayakan sistem pencernaan Anda. Lalu sehingga Anda bisa terbebas akan berbagai jenis masalah pencernaan. Misal seperti masalah sindrom irritable bowel dan juga manfaat buah sawo bisa untuk penyakit Crohn.

Dapatkan informasi kesehatan terbaik hanya dari Ngovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *