Categories
Kesehatan

Konsultasi Dokter Online, Mungkinkah?

Ketika seseorang merasa sedang sakit terkadang mereka akan mencari obat dengan cara melakukan browsing di internet. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa jadi salah dalam menentukan obat pilihan, lebih baik menggunakan layanan telemedik. Telemedik adalah sebuah proses konsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan handphone melalui chatting, telepon atau video call dengan dokter pilihan anda.

Saat ini juga sudah banyak platform yang menyediakan layanan telemedik. Ketika kondisi sedang mengalami pandemi seperti saat ini, telemedik adalah solusi yang bagus agar anda bisa meminimalisir resiko terjangkit virus yang sedang menjadi wabah saat ini. Terkadang fasilitas kesehatan adalah tempat yang cukup potensial untuk menularkan virus karena banyak orang yang sakit mendatangi fasilitas kesehatan tersebut.

Cara Melakukan Telemedik

Inti dari telemedik yaitu anda tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan berupa konsultasi dengan dokter atas keluhan sakit yang anda rasakan namun tidak perlu bertatap muka secara langsung. Jadi cara melakukan telemedik yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi untuk melakukan konsultasi tersebut. Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon dokter atau tenaga kesehatan pilihan anda. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting untuk berkonsultasi. Tapi saat ini juga banyak platform yang khusus menyediakan layanan telemedik termasuk apotek online. Dengan platform seperti ini biasanya pasien akan mendapatkan layanan yang sangat mudah dari konsultasi hingga mendapatkan obat pada satu platform saja.

Keuntungan Memanfaatkan Telemedik

Alasan banyak orang memanfaatkan telemedik adalah karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dengan layanan telemedik ini. Berikut adalah keuntungan dari memanfaatkan layanan telemedik ;

  • Hemat Waktu

Jika anda melakukan pengobatan pada fasilitas kesehatan biasanya anda akan membutuhkan waktu lebih lama. Pertama anda membutuhkan waktu untuk menuju ke tempat fasilitas kesehatan itu berada. Yang kedua biasanya anda harus mengantri untuk bisa berkonsultasi dengan dokter pilihan anda. Apalagi untuk seorang dokter spesialis yang sudah terkenal mampu memberikan diagnosis dan memberikan resep terbaik, sudah pasti banyak pasien yang percaya pada dokter tersebut sehingga banyak antrian untuk berobat.

  • Bisa Dilakukan Di Rumah

Karena konsep telemedik adalah berkonsultasi dengan dokter jarak jauh maka anda bisa melakukan konsultasi ini dimana saja termasuk di rumah. Anda cukup membuka peralatan komunikasi anda untuk berkonsultasi dengan dokter pilihan anda. Seandainya harus antri pun maka kegiatan mengantri anda tidak akan semembosankan seperti ketika anda mengantri pada fasilitas kesehatan langsung. Anda bisa mendapatkan diagnosa yang tepat untuk masalah kesehatan anda dan anda juga mendapatkan resep yang tepat untuk mendapatkan obat yang bisa mengatasi masalah kesehatan anda.

  • Obat Bisa Diantar

Jika anda memanfaatkan telemedik maka biasanya layanan berkonsultasi dengan dokter ini satu paket dengan layanan apotek. Dan obat yang disarankan oleh dokter ini akan diantar sampai ke rumah anda.

  • Lebih Hemat Biaya

Sebuah platform yang menyediakan layanan telemedik biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan anda berkonsultasi secara langsung dengan cara mendatangi fasilitas kesehatan. Bahkan ada beberapa platform yang memungkinkan anda berkonsultasi dengan dokter umum secara gratis dan anda hanya perlu membayar obat yang anda butuhkan. Manfaat telemedik adalah untuk mempermudah hidup anda, jadi jangan ragu untuk memanfaatkannya.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat secara online. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *