Categories
Tips

Lakukan 5 Hal Berikut untuk Mencegah Serangan Jantung

Mencegah Serangan Jantung

Salah satu masalah kesehatan yang menjadi ancaman manusia adalah serangan jantung. Setiap orang memiliki potensi untuk menderita penyakit ini, oleh karenanya penting sekali untuk selalu melakukan pencegahan sedini mungkin. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah serangan jantung.

1. Melakukan Diet Jantung Sehat

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diet jantung sehat. Aktivitas ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari memperbaiki tekanan darah dan kolesterol, serta untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Maksud dari diet jantung adalah melakukan pemilihan terhadap makanan-makanan yang akan dikonsumsi.

Jadi, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan. Untuk melakukan diet jantung sehat, makanan yang boleh dikonsumsi diantaranya adalah seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, ikan dan daging yang tidak memiliki kandungan .lemak, biji-bijian utuh dan makanan olahan yang tidak memiliki kandungan lemak.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Melakukan kontrol terhadap tekanan darah adalah hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan, serangan jantung, salah satu penyebab terbesarnya adalah tekanan darah. Khususnya untuk orang-orang yang memiliki gejala darah tinggi. Pemeriksaan tekanan darah perlu dilakukan secara berkala, paling tidak dilakukan setahun sekali.

Namun, untuk orang-orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, pemeriksaan mungkin diperlukan lebih sering. Sehingga, ketika terjadi lonjakan pada tekanan darah, bisa langsung diatasi dengan cepat dan tepat. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang tepat untuk mencegah serangan jantung.

3. Menjaga Kolesterol

Sumber dari segala penyakit bisa dimulai dari kolesterol. Hal tersebut dikarenakan, kolesterol yang tinggi dalam tubuh memiliki potensi dalam menyumbat arteri. Kemudian, akan meningkatkan risiko seseorang terjangkit arteri koroner dan juga serangan jantung. Untuk mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala.

Dengan melakukan pemeriksaan, kadar kolesterol dalam tubuh akan diketahui, dan ketika ada yang tidak wajar, tentunya Anda bisa melakukan tindakan untuk mengatasinya. Selain itu, Anda bisa mengontrolnya juga melalui pola hidup yang sehat. Seperti misalnya dengan olahraga secara rutin dan juga dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Hal ini menjadi penting karena seiring berjalannya waktu, gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah. Oleh sebab itu, penting sekali melukkan pemeriksaan diabetes secara rutin untuk mengendalikannya. Dengan mengetahuinya, langkah pencegahan bisa dilakukan dengan tepat.

5. Mengontrol Berat Badan

Berat badan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap serangan jantung. Hal tersebut dikarenakan, berat badan yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan juga diabetes tipe 2. Dari beberapa komplikasi penyakit tersebut adalah faktor utama penyebab serangan jantung.

Oleh karenanya penting sekali untuk mengontrol berat badan agar tetap dalam angka yang ideal. Cara agar mengetahui apakah berat badan kita normal atau tidak adalah dengan melakukan perhitungan indeks massa tubuh. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk bisa mengontrol berat badan Anda, dengan begitu segala risiko masalah kesehatan bisa tercegah.

Itulah tadi beberapa cara untuk mencegah serangan jantung. Jangan menunggu untuk sakit baru menerapkan beberapa hal tersebut, Anda bisa melakukan sedini mungkin, karena setiap orang memiliki potensi yang sama. Selalu jaga pola makan, tidur secara teratur dan juga selalu meluangkan waktu untuk berolahraga.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *