Categories
Kesehatan

Lakukan Cek Kesehatan Online Di Rumah Sendiri

Anda perlu untuk melakukan cek kesehatan online di rumah sendiri, sebab mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Inilah kenapa cek kesehatan secara teratur merupakan suatu kebutuhan untuk bisa hidup sehat dan bahagia. Bila Anda tak memiliki banyak waktu ataupun biaya untuk melakukan cek kesehatan di rumah sakit, maka ada beberapa cek kesehatan yang dapat Anda lakukan di rumah sendiri.

Pentingnya Melakukan Cek Kesehatan

Medical check up atau cek kesehatan sangatlah penting guna mendeteksi penyakit yang mungkin Anda miliki. Cek kesehatan secara lengkap memang wajib dilakukan di rumah sakit, namun ada beberapa test sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Beberapa Cek Kesehatan yang Dapat Dilakukan Sendiri

·         Cek detak jantung

Detak jantung adalah ukuran jantung berdetak dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Detak jantung merupakan indikator langsung seberapa intens atau keras jantung dalam bekerja guna memasok kebutuhan darah saat melakukan aktivitas.

Saat cek kesehatan online, khususnya dalam mengukur detak jantung, Anda hanya perlu mengecek denyut nadi. Letakkan 2 jari pada sisi pergelangan tangan atau letakkan jari tengah dan telunjuk di leher sisi tenggorokan.

Gunakan jam sebagai acuan waktu, hitung detak selama 20 detik lalu kalikan 3. Hasilnya merupakan detak jantung Anda sekarang ini. Untuk orang dewasa denyut nadi istirahat yang normal adalah 60-85 per menit (untuk atlet lebih rendah dan untuk anak cenderung lebih tinggi). Bila denyut nadi abnormal atau tak teratur lambat/cepat, maka menjadi tanda suatu penyakit.

·         Cek suara tinggi ketika bernapas atau mengi

Mengi merupakan bunyi abnormal ketika bernapas yang bisa digambarkan seperti suara siulan dengan lengkingan tinggi. Mengi bisa terjadi dikarenakan penyempitan saluran udara pada paru-paru yang diakibatkan oleh penyakit seperti asma, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

Pemeriksaan dapat diamati dari dahak. Bila dahak berwarna kehijauan, kekuningan atau kecoklatan maka terjadi infeksi bakteri. Bila Anda mengalami mengi dan napas sesak saat cek kesehatan online, ada kemungkinan Anda mengalami asma.

·         Cek gula darah

Diabetes merupakan penyakit dimana tubuh tak memproduksi insulin yang cukup atau tak bisa menggunakan insulin secara optimal. Jika Anda mengalami diabetes maka nantinya gula menumpuk dalam darah. Cek gula darah reguler bisa membantu mengurangi resiko Anda mengalami komplikasi jangka panjang penyakit diabetes.

Secara umum prosedur glukosa meter yaitu dengan menusukkan jarum steril ke ujung jari untuk memperoleh setetes darah serta menempatkannya pada uji strip. Masukkan uji strip pada meteran glukosa untuk memperoleh angka, dimana kadar glukosa normal diantara 70 sampai 99 mg per dL (jika tes dilakukan pagi hari sebelum memakan apapun).

·         Cek zat besi

Kurangnya zat besi bisa memicu anemia (kekurangan sel darah merah yang menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, memberi energi serta warna kulit yang sehat). Untuk test ini, periksa warna kulit Anda, apakah kekuningan biasa atau pucat (khususnya pada lipatan telapak tangan), warna kuku, dan warna gusi.

·         Ukur lingkar pinggang

Walau Anda tak kelebihan berat badan, perut yang buncit juga bisa memicu resiko tinggi terhadap berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke. Ukur lingkar pinggang saat cek kesehatan online merupakan cara praktis sebagai penentu apakah Anda mempunyai lemak berlebih pada area perut.

Unduh segera aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk menebus resep obat. Solusi untuk berobat tanpa antri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *