Categories
Obat

Manfaat Cataflam dalam Meredakan Berbagai Gejala Penyakit

manfaat cataflam

Secara umum cataflam sering digunakan untuk membantu meredakan berbagai rasa nyeri atau sakit. Rasa sakit tersebut bisa berupa peradangan dan juga pembengkakan mulai dari kondisi nyeri ringan sampai nyeri sedang. Cataflam bisa digunakan oleh pria maupun wanita, untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa manfaat cataflam.

1. Osteoarthritis

Salah satu kegunaan cataflam adalah untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh gejala arthritis. Osteoarthritis atau pengapuran sendi merupakan radang sendi yang paling sering terjadi. Peradangan sendi bisa disebabkan oleh rusaknya tulang rawan, bantalan halus yang melindungi ujung tulang. 

Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan juga menyebabkan persendian menjadi kaku. Secara umum, osteoarthritis bisa menyerang bagian sendi manapun dalam tubuh. Akan tetapi lebih sering terjadi pada bagian tangan, jari tangan, pinggul, lutut dan juga tulang punggung. Osteoarthritis akan berkembang secara perlahan dan memburuk seiring waktu.

2. Nyeri Punggung

Sakit atau nyeri punggung merupakan gejala penyakit yang sering dirasakan pada bagian dekat tulang punggung. Umumnya, setiap orang dewasa pasti pernah mengalami sakit punggung pada kondisi tertentu selama mereka hidup. Sakit punggung, umumnya bisa sembuh dengan sendiri dalam waktu 1 hingga 8 minggu dengan obat cataflam dan gaya hidup yang sehat.

3. Rheumatoid Arthritis

Manfaat cataflam lainnya adalah untuk meredakan gejala Rheumatoid Arthritis (RA). RA atau yang lebih dikenal dengan rematik merupakan peradangan pada bagian persendian yang bisa disebabkan oleh adanya gangguan sistem kekebalan tubuh atau autoimun yang menyerang jaringan tubuh dengan sendirinya. 

Berbeda dengan Osteoarthritis, kondisi penyakit RA berpengaruh terhadap lapisan sendiri (sinovium). Kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri yang kronis, bengkak dan kaku pada bagian persendian. Lebih parahnya lagi dapat menimbulkan korosi pada tulang dan menyebabkan kelainan bentuk persendian. 

4. Dismenore

Dismenore atau istilah umumnya rasa nyeri saat haid merupakan rasa nyeri yang menyerang pada perut bagian bawah yang umumnya muncul pada saat haid, baik sebelumnya atau saat haid. Dismenore umumnya akan mulai terasa 1 sampai 2 minggu sebelum siklus haid terjadi. Rasa nyeri dismenore didominasi kram berdenyut pada perut yang menyebar ke paha hingga punggung.

Intensitas rasa nyeri akibat dismenore bervariasi untuk setiap wanita dan lama waktunya juga berbeda-beda. Dismenore bisa terasa ringan dan bertahan sangat lama, bisa juga terasa sangat kuat dan bertahan hanya sebentar. Anda bisa meredakan rasa nyeri haid dengan mengkonsumsi cataflam 3 kali sehari dengan dosis 50 mg, atau sesuai anjuran tenaga medis.

5. Asam Urat

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sendi. Asam urat bisa disebabkan kadar asam urat yang lebih tinggi dalam darah. Dalam kondisi yang normal, asam akan larut pada darah lalu keluar melalui cairan urine. Akan tetapi, pada kondisi tertentu tubuh bisa menghasilkan asam urat berlebih sehingga, kadar asam urat akan menumpuk pada tubuh.

Penumpukan asam urat berlebih akan membentuk kristal pada bagian persendian. Sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada bagian persendian khususnya pada anggota gerak. Selain itu, asam urat juga bisa mengganggu fungsi saluran kemih dan ginjal. Dengan menggunakan cataflam, Anda bisa meredakan rasa nyeri dan sakit akibat asam urat. 

Manfaat cataflam selain untuk terapi dalam pengobatan alternatif, juga bisa dikonsumsi ketika timbul salah satu gejala penyakit diatas dan dikonsumsi 1 atau 2 tablet setiap hari hingga gejala sakit menghilang. Perlu diketahui kalau obat akan bekerja dengan optimal saat gejala nyeri muncul. Namun, jika sudah telat, akan lebih baik untuk periksa ke dokter. 

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *