Categories
Obat

Manfaat Chondroitin untuk Mengobati Sendi

Chondroitin

Chondroitin menjadi salah satu suplemen yang banyak digunakan oleh orang untuk mengobati sendi. Kandungan Chondroitin sendiri ada dasarnya sudah ada di dalam tubuh manusia. Namun, ia juga bisa ditemukan di dalam kepiting, udang lobster dan berbagai jenis sayuran.

Apa Itu Chondroitin?

Ini adalah sebuah suplemen yang berguna untuk menutrisi sendi. Fungsi utamanya sendiri adalah membangun proteoglikan yang nantinya memberikan efek elastis pada sendi. Suplemen ini sangat membantu Anda yang memiliki masalah dengan peradangan sendi.

Apa Manfaat Chondroitin?

Berbicara tentang manfaatnya, suplemen yang satu ini memiliki manfaat untuk memelihara tulang rawan serta berguna untuk menurunkan gejala dari penyakit osteoarthisin. Ia juga berguna untuk mengurangsi rasa nyeri ada bagian sendi. Suplemen ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menjaga perkembangan tulang rawan.

Tidak hanya digunakan untuk mengobati tulang dan sendi saja. Chondroitin juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit jantung, kolesterol tinggi dan juga osteoporosis. Adapun chondroitin yang hadir dalam bentuk salep juga memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Tentunya, chondroitin di sini akan dikombinasikan dengan glucosamine.

Berapa Dosis yang Tepat?

Untuk dosis yang tepat mengenai suplemen ini, ada baiknya langsung saja konsultasikan pada dokter Anda. Pasalnya, suplemen ini dikonsumsi berdasarkan kebutuhan. Nah, agar Anda bisa merasakan manfaatnya secara utuh dan tepat, oleh sebab itu selalu lakukan konsultasi terlebih dahulu.

Dosis Untuk Orang Dewasa

Untuk orang dewasa, bisa mengonsumsi suplemen ini dengan dosis antara 200-400 mg sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ini dengan dosis 1000-1200 cukup sekali saja dalam satu hari.

Sedangkan jika digunakan pada kulit, maka harus ada campuran 50 mg chondroitin sulfat, 30 mg glucosamine, 140 mg tulang rawan dan 32 mg kamper. Untuk dosisnya sendiri setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini. Hal ini karena ditakutkan akan terjadi indikasi yang fatal jika dikonsumsi secara sembarangan.

Efek Samping Chondroitin

Meskipun ini adalah sebuah suplemen yang bermanfaat, tahukah Anda suplemen ini juga sama seperti suplemen lainnya yang memiliki efek samping ketika digunakan. Apa saja si efek samping dari mengonsumsi suplemen ini?

Mengonsumsi suplemen ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kebotakan, diare, sembelit, sakit perut, dan juga mengalami gejala kulit lainnya. Namun, perlu Anda tahu bahwa efek samping tersebut tidak dialami oleh semua pengguna suplemen ini.

Selain itu juga ada beberapa orang yang mengalami efek samping namun tidak disebutkan di atas. Oleh sebab itu, agar suplemen ini tidak menimbulkan efek samping pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang tepat.

Cara menyimpan Chondroitin

Untuk Anda yang mengonsumsi suplemen ini, pastikan bahwa Anda menyimpannya dengan benar. Ya, suplemen jenis salep haris disimpan pada tempat yang dingin, kering dan jauh dari lembap dan panas. Selain itu, Anda tidak boleh menggunakan obat ini bersama dengan antikoagulan, salisilat dan NSAIDs karena berisiko mengalami pendarahan.

Dengan mengetahui apa saja manfaat chondroitin bagi sendi serta bagaimana cara menggunakan dan info lengkap lainnya. Anda bisa menggunakan suplemen ini dengan benar dan merasakan sendiri manfaat yang ditawarkan. Ingat, pastikan untuk selalu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menggunakan suplemen ini untuk sendi.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *