Categories
Tips

Manfaat Jus Tomat Untuk Tubuh

Banyak orang yang mengacuhkan buah tomat ketika ingin mengkonsumsi jus, padahal jus tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin pada tomat sangat banyak dan semua kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh anda. Mengkonsumsi tomat yang paling mudah dan nikmat adalah mengolah tomat tersebut menjadi jus. Ketika anda akan membuat jus tomat ada baiknya untuk tidak mencampurkan apa pun pada jus anda termasuk gula.

Hal ini bertujuan agar jus tomat bisa bermanfaat bukan malah membahayakan. Jika anda menambahkan gula berlebih pada jus yang anda buat maka bisa jadi jus yang anda buat mengandung tinggi glukosa. Glukosa yang tinggi tidak baik untuk dikonsumsi karena berpotensi menyebabkan obesitas. Selain itu penderita diabetes juga sangat tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan glukosa tinggi.

Kandungan Tomat Dan Manfaatnya

Tomat tidak hanya memiliki manfaat dari daging buahnya saja, bahkan kulit dari tomat memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi tomat dengan rutin bisa membuat anda lebih sehat dan terhindar dari beberapa penyakit. Berikut adalah kandungan yang ada pada buah tomat beserta manfaatnya ;

  • Potasium

Nama lain potasium adalah kalium. Zat ini sangat tinggi dimiliki oleh buah tomat, bahkan lebih tinggi ketika tomat dikeringkan. Potasium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan bisa juga membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Mengkonsumsi buah tomat segar atau dikeringkan bisa memberikan efek positif untuk anda jadi jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin dan jangan berlebihan setiap harinya.

  • Vitamin C

Kandungan vitamin pada tomat salah satunya adalah vitamin C. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C bisa mencegah anda mengalami sariawan, vitamin C juga sangat penting untuk menjaga imunitas anda tetap terjaga dengan baik.

  • Serat

Anda sering mengalami sembelit? Tomat bisa anda konsumsi untuk mencegah sembelit karena kandungan serat yang tinggi pada buah ini. Setiap 100 gram buah tomat terdapat 1,5 gram serat di dalamnya dan serat inilah yang akan membantu sistem pencernaan anda. Jika anda bisa rutin mengkonsumsi tomat maka kebutuhan serat harian anda bisa terpenuhi sehingga terhindar dari sembelit.

  • Vitamin B9

Kandungan vitamin pada tomat salah satunya adalah B9 atau folat. Vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan sel tubuh dan jaringan tubuh. Ibu hamil sangat membutuhkan folat untuk bayi yang dikandungnya, jadi ibu hamil cukup direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah tomat untuk memenuhi kebutuhan folat selama masa kehamilan. Jangan lupakan buah tomat ya Bunda!

  • Likopen

Bukan hanya daging tomat, kulit tomat mengandung tinggi likopen. Senyawa ini banyak dikandung pada kulit tomat dan sangat berguna sebagai antioksidan. Senyawa likopen bisa melindungi kulit anda dari bahaya paparan sinar matahari. Likopen juga bisa memperkecil resiko anda terkena masalah jantung dan kanker.

  • Beta Karoten

Beta karoten adalah senyawa yang juga terkandung pada kulit tomat. Beta karoten ketika masuk pada tubuh manusia akan berubah menjadi vitamin A. Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin A sangat bagus untuk mata dan masih banyak hal bagus yang dihasilkan dari vitamin A.

Defisiensi Vitamin Bisa Dicegah Dengan Tomat?

Karena kandungan vitamin pada tomat sangat komplit maka buah tomat bisa sangat efektif untuk mencegah defisiensi vitamin pada tubuh manusia.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat tomat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *