Categories
Obat

Memahami Obat Untuk Penyakit Alzheimer

Banyak masyarakat Indonesia yang masih penasaran mengenai obat alzheimer yang tepat untuk orang-orang yang menderita penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi dari otak manusia sehingga penderitanya mengalami gangguan. Dampak dari penurunan fungsi otak yang biasanya dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit alzheimer adalah penurunan daya ingat, perubahan sikap dari waktu ke waktu, dan juga penurunan kemampuan untuk berbicara.

Penderita penyakit alzheimer mayoritas adalah orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut atau yang biasa kita kenal dengan istilah lansia. Beberapa pakar dalam bidang kesehatan menyampaikan bahwa rata-rata usia dari orang yang mengalami penyakit alzheimer adalah 65 tahun ke atas. Namun bukan berarti penyakit alzheimer ini hanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua saja karena ada juga beberapa kasus di mana penyakit alzheimer dialami oleh orang-orang yang usianya masih muda.

Seseorang yang mengalami penyakit alzheimer sebaiknya mendapatkan penanganan dari pihak kesehatan. Hal tersebut dilakukan supaya nantinya kondisi dari penderita tidak semakin memburuk. Pihak medis biasanya akan memberikan obat alzheimer dan juga memberikan perawatan khusus kepada orang yang menderita penyakit alzheimer supaya kondisinya tetap terjaga serta menghambat perkembangan dari penyakit alzheimer.

Obat-Obatan Untuk Penyakit Alzheimer

Ada beberapa obat yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit alzheimer yaitu :

1.     Galantamine

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet. Fungsi dari galantamine adalah untuk meningkatkan fungsi dari otak secara menyeluruh seperti meningkatkan daya ingat, menaikkan tingkat kesadaran, dan menjaga kemampuan gerak tubuh untuk menjalankan berbagai kegiatan setiap harinya. Obat ini biasanya dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam seharinya. Dosis maksimal dari obat ini adalah sebanyak 24 mg untuk satu harinya. Untuk mengkonsumsi galantamine pasien harus terlebih dahulu makan.

2.     Memantine

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet. Fungsi dari memantine adalah untuk meningkatkan fungsi dari otak secara menyeluruh seperti meningkatkan daya ingat, menaikkan tingkat kesadaran, dan menjaga kemampuan gerak tubuh untuk menjalankan berbagai kegiatan setiap harinya. Dosis dari obat ini akan ditingkatkan secara bertahap setiap minggunya. Untuk awal pemakaian biasanya pasien akan diberikan dosis maksimal 5 mg untuk setiap harinya dan akan ditingkatkan 5 mg lebih banyak pada minggu selanjutnya hingga batas maksimal 20 mg / hari.

3.     Donepezil

Obat alzheimer ini tersedia dalam bentuk tablet. Fungsi dari donepezil untuk menghalangi enzim yang sedang aktif dengan cara mengembalikan senyawa-senyawa yang alami di dalam otak. Dengan begitu nantinya kemampuan otak menjadi tetap terjaga setiap harinya. Dosis dari obat ini akan ditingkatkan secara bertahap dalam jangka waktu 1 bulan hingga 1,5 bulan. Untuk awal pemakaian biasanya pasien akan diberikan dosis maksimal 5 mg untuk setiap harinya dan akan hingga maksimal 10 mg untuk setiap harinya.

Itulah beberapa obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita penyakit alzheimer. Selanjutnya mari kita pahami pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit alzheimer.

Pencegahan Penyakit Alzheimer

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit alzheimer yaitu :

·         Tidak merokok

Zat berbahaya dari rokok bisa menyebabkan kerusakan otak.

·         Menerapkan Pola Hidup Sehat

Dengan olahraga rutin dan mengkonsumsi makanan bernutrisi merupakan obat alzheimer alami.

Ingin mendapatkan tips lain untuk gaya hidup sehat? Dapatkan semuanya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi kebutuhan suplemen harianmu. Di Jovee kamu akan memperoleh vitamin terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *