Categories
Kesehatan

Mengenal Bahaya Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Bahaya Virus Corona

Pandemi virus corona tentu saja meresahkan warga dunia, termasuk di Indonesia. Penyebaran kasus yang sangat cepat membuat jumlah kasus di seluruh dunia semakin meningkat. Kewaspadaan diperlukan dalam kasus corona yang saat ini masih meningkat. Maka dari itu, agar kita tak lengah dan meremehkannya, ada beberapa bahaya virus corona dan risikonya yang patut untuk dipahami dengan saksama

Menimbulkan Komplikasi Berbagai Penyakit Hingga Kematian

Kasus corona dapat menimbulkan gejala dengan sifat ringan dan sedang. Pada beberapa pasien corona yang mengalami komplikasi harus diwaspadai. Komplikasi utama akibat virus corona biasanya terjadi pada saluran nafas seperti gagal nafas akut, pneumonia, hingga acute respiratory distress syndrome (ARDS).

Orang yang positif corona juga dapat menimbulkan komplikasi dan masalah pada organ lain, seperti kerusakan hati, kerusakan jantung, gagal ginjal akut, hingga infeksi sekunder (infeksi susulan oleh mikroorganisme lain, seperti bakteri). 

Adanya Silent Spreader

Silent spreader atau orang yang tak bergejala bisa menularkan virus corona, maka dari itu corona merupakan penyakit yang berbahaya. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan karena individu tersebut tetap bisa menularkan virusnya ke orang lain meskipun tak bergejala.

Maka dari itu, ahli memperingatkan agar kita semua lebih baik berdiam diri di rumah dan saling menjaga jarak dari orang lain. Langkah-langkah tersebut merupakan cara terbaik agar kita semua tidak tertular virus corona dari orang lain, yang beberapa diantaranya bisa saja orang yang tak bergejala.

Penularan Lewat Droplet

Virus corona dapat menular melalui percikan atau tetesan yang memiliki berbagai macam ukuran. Ada dua jenis ukuran droplet yaitu droplet besar dan kecil. Droplet besar dapat menyebarkan virus corona lewat tangan. Hal ini terjadi ketika bersin dan batuk yang kemudian orang sakit tersebut memegang benda disekitarnya.

Droplet kecil dapat menularkan virus corona dari orang yang positif secara langsung kepada orang lain. Droplet kecil dapat berpindah dalam jarak lebih dari satu meter sedangkan droplet besar dapat berpindah dalam jarak kurang dari satu meter. Nah, maka dari itu Anda disarankan untuk menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain untuk menghindari bahaya virus corona.

Cara Pencegahan Virus Corona

Sebenarnya sangat mudah untuk mencegah diri agar tidak mudah tertular virus corona. Berikut ini beberapa cara mencegah virus corona yang bisa Anda lakukan.

  1. Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Namun, apabila akses air sulit dijangkau Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah bersin, batuk ataupun menyentuh benda-benda di tempat umum.
  2. Terapkan etika batuk. Saat bersin atau batuk jangan lupa tutup mulut dengan menggunakan lengan bagian atas atau tisu sekali pakai agar percikan air liur tidak menyebar. Setelah itu, cucilah tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun.
  3. Hindari kontak secara langsung dengan orang-orang yang memiliki gejala flu dan demam. Namun, jika Anda mengalami gejala flu seperti demam dan sakit tenggorokan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  4. Jika Anda mengalami gejala-gejala virus corona dan ingin menuju fasilitas kesehatan, pastikan Anda menggunakan masker untuk mencegah penularan ke orang lain.
  5. Gunakan masker saat sedang berada di tempat umum. 
  6. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.
  7. Setelah bepergian, gantilah baju dan segeralah mandi.
  8. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem imun.

Bahaya virus corona tidak boleh dipandang sebelah mata. Jika memang tidak diperlukan sebaiknya Anda tetap di rumah untuk membantu mencegah penularan virus corona. Namun, jika memang harus bepergian pastikan Anda menggunakan masker dan menjaga jarak.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *