Categories
Obat

Mengenal Infus Obat Dextrose

Saat mengalami kondisi hipoglikemia, hal tersebut menyebabkan kondisi kadar gula darah rendah atau di bawah batas normal. Infus dextrose adalah obat yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut. Jika memang terkena kondisi kadar gula rendah maka otak akan terganggu fungsinya dan juga berimbas pada organ tubuh lain. Karena itu, dextorne menjadi obat yang bisa mengatasi kondisi tersebut dan akan dibahas di bawah ini.

Informasi Obat Dextrose

Mengenai obat dextrose, obat ini adalah glukosa alami yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah jika mengalami kekurangan. Bagi tubuh, glukosa merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh sehingga organ dan juga sel-sel bisa bekerja dengan normal.

Obat dextrose ini memiliki cara kerja yang simpel. Obat ini adalah gula yang dihasilkan dari jagung dan biasa digunakan sebagai pemanis makanan dan akan berubah menjadi energi saat dikonsumsi. Obat ini kemudian dibakar oleh sel-sel dalam tubuh dan menjadikannya sebagai energi sehingga bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan fungsinya dan tidak perlu khawatir mengalami kekurangan gula dalam darah.

Karena terbuat dari senyawa gula sederhana dan air, infus dextrose adalah obat yang tergolong dalam larutan pengganti cairan tubuh. Namun, obat ini termasuk dalam resep yang hanya bisa diberikan sesuai dengan anjuran dan harus diawasi oleh dokter. Selain mengobati hipoglikemia, obat ini juga bisa menjadi sumber kalori karbohidrat dan mengatasi kurangnya energi saat sakit, trauma, atau karena kebanyakan mengonsumsi alkohol.

Dosis Penggunaan

Obat ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan atau infus dan dosis bagi setiap orang berbeda. Obat ini bisa digunakan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Begitu juga dengan ibu hamil yang bisa diberikan obat ini dengan dosis yang sesuai dengan pertimbangan keefektifan obat meski terdapat resiko.

Dosis obat ini mengikuti anjuran dokter dan harus diawasi dengan melihat kondisi tubuh. Namun, dosis umum yang bisa diberikan bagi remaja hingga dewasa sekitar 10 – 25 gr per hari. Sedangkan bagi bayi di bawah 6 bulan sekitar 0,25 – 0,5 gr/kgBB dan bagi bayi di atas 6 bulan sekitar 0,5 – 1 gr/kgBB dengan dosis maksimal sebanyak 25 gr sekali pemberian.

Kontraindikasi Penggunaan

Infus dextrose adalah obat yang juga bisa berinteraksi dengan obat lain jika digunakan secara bersamaan. Tidak disarankan mengonsumsi obat lain saat mengonsumsi dextrose seperti furosemide, hydrocortisone, prednisone, dan hydrochlorothiazide. Sebelum mengonsumsi obat tersebut dengan obat lain harus berkonsultasi terlebih dulu agar tahu apa yang harus dilakukan.

Ada juga orang beresiko saat mengonsumsi obat ini berimbas seperti alergi jagung, hiperglikemia, edema pari, dan hypokalemia. Orang yang mengalami pembengkakan lengan, sampai telapak kaki juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini.

Efek Samping

Penggunaan obat pasti tidak lepas dari efek samping yang ditimbulkannya. Obat ini bisa memberikan efek samping seperti sakit kepala, batuk kronis, demam, kejang dan denyut jantung tidak teratur. Bisa juga mengalami sesak napas, nekrosis ringan, mengi, sampai iskemik serebral, pendarahan serebral, nyeri pada dada, bengkak yang terjadi pada bekas suntikan.

Meski terdapat efek samping, pemakaian obat ini bisa lebih aman dan efektif dengan berkonsultasi pada dokter. Jadi Infus dextrose adalah obat yang bisa digunakan bagi penderita kondisi kadar gula rendah dengan pertimbangan dari dokter.

Jangan sampai mengantri jika ingin mendapatkan resep obat terbaik karena sekarang bisa didapatkan dengan mudah di Lifepack. Kunjungi Lifepack lewat aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *