Categories
Penyakit

Mengenal Jenis Kanker Liposarcoma

Myxoid liposarcoma adalah salah satu jenis kanker jaringan lemak yang cukup banyak diidap oleh orang. 3 dari 10 penderita liposarcoma merupakan penderita myxoid liposarcoma. Selain myxoid liposarcoma ada lagi beberapa jenis liposarcoma yang dikenal di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa contohnya :

●      Dedifferentiated Liposarcoma

Ini adalah jenis liposarcoma yang paling ganas dan sangat mudah menyebar pada jaringan tubuh lain. Selain sangat mudah, penyebaran sel kanker ini bisa sangat cepat. Dedifferentiated liposarcoma adalah jenis kanker yang benar-benar harus diwaspadai, bahkan terkadang ketika kanker ini terdeteksi, sudah terlambat untuk melakukan pertolongan pada penderitanya.

●      Pleomorphic Liposarcoma

Jenis liposarcoma ini memang cukup jarang terjadi, namun keganasan serta cepatnya penyebaran jenis liposarcoma ini membuat kita harus selalu waspada. Meskipun begitu, keganasan serta kecepatan menyebarnya tidak secepat dedifferentiated liposarcoma.

●      Round Cell Liposarcoma

Jenis liposarcoma yang satu ini adalah jenis liposarcoma yang banyak diderita oleh anak-anak hingga remaja. Jarang sekali kasus round cell liposarcoma terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia.

●      Well-differentiated Liposarcoma

Ini adalah jenis liposarcoma yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Penderita liposarcoma jenis ini biasanya tidak menyadari karena pertumbuhannya yang lambat dan tidak menimbulkan rasa nyeri pada area yang terkena kanker tersebut.

Apakah Liposarcoma Bisa Dicegah?

Sampai saat ini belum ada metode yang benar-benar terbukti ampuh untuk mencegah terjadinya liposarcoma pada seseorang. Gaya hidup yang sehat merupakan salah satu hal yang dianggap paling bisa mengurangi resiko terjadinya liposarcoma. Myxoid liposarcoma adalah salah satu jenis liposarcoma yang bisa dihindari dengan gaya hidup sehat, makan makanan sehat dan olahraga yang teratur.

Apakah Liposarcoma Bisa Diobati?

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, namun ketika seseorang sudah mengidap liposarcoma bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengobati liposarcoma. Berikut adalah beberapa tindakan untuk mengobati liposarcoma :

●      Operasi

Tindakan operasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menyembuhkan liposarcoma. Operasi bertujuan untuk mengangkat semua liposarcoma yang ada pada tubuh seseorang. Jika tidak memungkinkan maka operasi bertujuan untuk mengangkat sebanyak mungkin jaringan liposarcoma. Myxoid liposarcoma adalah salah satu jenis liposarcoma yang membutuhkan tindakan operasi. Tindakan amputasi menjadi salah satu opsi yang bisa diambil jika liposarcoma sudah dalam kondisi akut. Apalagi ketika jaringan liposarcoma menyerang tungkai, lengan atau bagian tubuh lain yang memungkinkan untuk dilakukan amputasi.

●      Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi merupakan pengobatan yang sangat umum diberikan oleh dokter pada penderita kanker termasuk liposarcoma. Saat prosedur kemoterapi, pasien akan diberikan obat khusus yang bisa dibilang sangat keras. Pengobatan ini akan terasa sangat menyakitkan dan memiliki beberapa efek samping.

Salah satu efek sampingnya adalah terjadinya kerontokan rambut. Pengobatan kemoterapi akan memiliki efek psikologis pada penderita liposarcoma, oleh karena itu biasanya dokter akan menyarankan untuk menyertai kemoterapi dengan konseling secara psikologis. Dukungan dari orang terdekat menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pasien yang sedang menjalani penyembuhan liposarcoma dengan metode kemoterapi.

●      Radioterapi

Pengobatan ini adalah pengobatan pendamping. Biasanya radioterapi akan diberikan pada pasien liposarcoma sebelum atau sesudah dilakukannya tindakan operasi. Hal ini bertujuan agar jaringan liposarcoma yang ada dalam tubuh bisa benar-benar hilang. Myxoid liposarcoma adalah jenis liposarcoma yang biasanya mendapatkan radioterapi.

Ingin berkonsultasi lebih detail dengan dokter mengenai liposarcoma? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *