Categories
Penyakit

Mengenal Lebih Dalam Polip Kolorektal

Kalian mungkin butuh untuk mengetahui lebih dalam soal polip kolorektal itu seperti apa dan bagaimana, serta cara pengobatan dan pencegahannya. Penyakit ini adalah sebuah penyakit pertumbuhan jaringan yang ada pada dinding usus dan menonjol ke arah rektum atau usus besar. Ukuran dari polip sendiri bisa bermacam-macam, semakin besar maka risiko tumbuh menjadi kanker jadi semakin besar. Nah berikut kami akan kenalkan dengan penyakit yang bisa jadi sangat berbahaya sekali ini bagi player.

Penjelasan Awal Soal Polip

Polip sendiri sebenarnya adalah penyakit umum yang terjadi pada rentang usia berapa pun juga, namun biasanya di alami usia lanjut. Dan hal ini pun lebih beresiko untuk orang yang terkena obesitas berkepanjangan. Polip sendiri bisa tumbuh tanpa batang polip, dan yang tumbuh seperti ini biasanya lebih besar resikonya untuk berkembang jadi kanker. Polip Adenomatoda yang merupakan sel kelenjar yang melapisi usus bagian dalam adalah cikal bakal kanker, Adenoma bergerigi adalah bentuk agresif.

Gejala Polip

Pada beberapa kasus memang penyakit polip ini tidak menimbulkan gejala apa pun, sehingga memang sulit dideteksi sejak dini. Namun gejala yang paling umum terjadi biasanya itu adanya pendarahan pada area rektum. Polip ukuran besar dengan tonjolan kecil menyerupai jari bisa menyebabkan diare encer dan turunnya kadar kalium di darah. Polip kolorektal dengan ukuran besar biasanya akan menimbulkan kram ataupun nyeri pada perut dan mungkin menyebabkan sembelit.

Faktor Risiko Terkena Polip

Ada beberapa orang yang sebenarnya bisa memiliki risiko yang cukup besar terkena polip ini, salah satunya adalah obesitas yang berkepanjangan. Selain itu kurangnya aktivitas fisik bisa membuat kalian bisa terkena polip dengan jauh lebih besar. Merokok dan mengonsumsi alkohol juga bisa sangat rentan membuat kalian bisa terkena polip ataupun bakal calon kanker. Pengidap diabetes tipe 2 pun memiliki kesempatan untuk terkena polip dengan lebih mudah.

Penyebab Terjadinya Polip

Sebenarnya penyebab utama terjadinya penyakit polip ini adalah karena adanya mutasi genetik pada sel-sel yang ada di dalam tubuh. Jadi sel-sel dalam tubuh itu terus memperbarui diri sendiri dan bahkan membentuk sel-sel baru di dalam tubuh. Padahal semestinya tubuh tidak membutuhkan sel baru tersebut, namun sel tersebut terus memperbarui meski tidak dibutuhkan tubuh. Ini yang akhirnya membuat kasus Polip kolorektal.

Tahap Harus Periksa Ke Dokter

Karena kebanyakan penyakit polip dari kasus kolorektal ini tanpa gejala, maka sulit memang untuk menentukan kapan waktunya periksa dokter. Jadi bila kalian mengalami pendarahan pada area rektum, maka sesegera mungkin kalian harus langsung periksa ke dokter. Selain itu mungkin kalau ada pergerakan yang tidak wajar pada bagian usus, maka kalian pun harus segera periksa dokter.

Pengobatan

Untuk pengobatan sendiri memang harus selalu berdasarkan anjuran dokter ya, karena ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Namun biasanya pilihan yang diambil oleh dokter adalah pengangkatan polip dengan prosedur kedokteran tertentu. Selain itu bila polip tidak memiliki batang, maka kemungkinan akan dilakukan operasi perut untuk mengatasinya. Untuk pencegahan polip kolorektal kalian bisa mengurangi asupan lemak dan alkohol serta melakukan olahraga secara rutin.

Ini adalah penyakit yang berbahaya, sehingga kalian itu perlu adanya konsultasi dokter dan kalian itu bisa mendapatkannya di Lifepack. Kalian bisa mendapatkan aplikasinya juga untuk informasi lebih mendalam dan juga konsultasi resep obat yang tepat di Lifepack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *