Categories
Uncategorized

Mengenal Magnesium Dan Manfaatnya

Dalam tubuh, terdapat beberapa elemen mineral yang mana mempunyai fungsi dan peran penting, khususnya bagi proses yang terjadi dalam tubuh. Salah satu mineral tersebut yakni magnesium, yang mana arti magnesium sendiri yakni sebagai mighty mineral atau mineral kuat yang dibutuhkan untuk pembentukan struktur tulang pada manusia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mineral juga berguna pada proses metabolisme tubuh. Manfaat selengkapnya tentang magnesium dapat diketahui di bawah ini.

Manfaat Magnesium

Sebagai salah satu mineral yang penting bagi tubuh, magnesium menyimpan banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat magnesium antara lain seperti membantu dalam mengatasi gejala dispepsia dan juga konstipasi. Magnesium juga berperan vital bagi ibu hamil dalam rangka menjaga kandungan agar senantiasa sehat. Asupan magnesium yang cukup juga dapat berguna dalam pencegahan pada serangan jantung, kemudian juga pencegahan kram serta nyeri pada punggung. Bagi penderita diabetes, kadar gula dapat diatur sedemikian normal supaya tidak mengakibatkan hal yang buruk. Sedangkan bagi yang tidak mengalami diabetes, magnesium berperan untuk mengatur tingkat kadar gula supaya selalu normal.

Magnesium sendiri diketahui juga dapat menjaga fungsi saraf dan juga otot agar selalu normal. Membantu juga dalam peningkatan sistem imun dalam tubuh. Khususnya beberapa waktu terakhir di mana untuk menghindari serangan virus Covid-19, magnesium cukup dibutuhkan. Bagi kesehatan paru-paru, magnesium diketahui dapat membantu dalam mencegah asma. Dapat juga menjaga tulang agar senantiasa sehat dan kuat. Tidur yang cukup juga didukung lewat adanya magnesium dalam tubuh. Mengaktifkan enzim juga menjadi salah satu manfaat dari konsumsi magnesium yang cukup.

Sumber Magnesium

Arti magnesium sebagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perlu dikonsumsi dalam jumlah yang pas, sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan dari magnesium. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi yang mana memiliki kandungan magnesium yang tinggi diantaranya yakni:

·     Nasi merah. Pada nasi merah yang dikonsumsi setiap harinya dapat menghasilkan sebesar 86 mg magnesium bagi tubuh.

·     Sayur-sayuran. Beberapa sayuran yang memiliki kandungan sumber magnesium yang tinggi yakni brokoli dan sayur bayam.

·         Kacang-kacangan. Sumber magnesium juga dapat ditemui pada edamame maupun oatmeal.

·         Selain itu, magnesium dapat bersumber dari roti, susu kacang, susu sapi dan juga buah pisang.

Suplemen Magnesium

Melihat arti magnesium yang penting bagi proses dalam tubuh makan perlunya mencukupi asupan dari magnesium setiap harinya. Tidak hanya didapat melalui makanan alami, magnesium juga dapat diperoleh melalui suplemen yang mana dapat disesuaikan untuk dapat memenuhi kebutuhan magnesium yang diperlukan oleh tubuh manusia. Pada konsumsi suplemen magnesium tersebut, perlu adanya konsultasi yang dilakukan dengan apoteker maupun dokter sebelumnya.

Walaupun tidak memiliki risiko dan juga efek samping yang membahayakan keselamatan dan kesehatan tubuh. Namun beberapa dari risiko dan juga efek samping dari suplemen tersebut dapat berpengaruh pada masalah seperti diare, mual maupun muntah yang mana cenderung pada permasalahan yang terdapat di saluran pencernaan. Maka perlu konsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan anjuran dari dokter maupun apoteker.

Demikianlah manfaat dan juga arti magnesium bagi tubuh yang mana menjadi salah satu elemen mineral yang wajib untuk dipenuhi. Konsumsi magnesium yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak rentan untuk terserang penyakit.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Segera unduh aplikasi Jovee! Karena Jovee dapat memberikan rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *