Categories
Kesehatan

Mengetahui Vitamin B Complex dan Kandungan Manfaatnya Bagi Tubuh

Menjaga tubuh untuk tetap sehat tidak cukup dengan hanya berolahraga saja, namun juga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung vitamin. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi vitamin B complex yang banyak terkandung pada makanan sehari-hari. Vitamin B ini memiliki 8 macam vitamin yang berbeda-beda, sehingga kerap kali disebut B complex. Nah, apa sajakah ragam dari vitamin B complex tersebut? Ayo ketahui dibawah ini!

Vitamin B1

Salah satu ragam dari vitamin B kompleks ialah vitamin B1 yang sering disebut juga thiamin. Berperan untuk menjaga kesehatan dari kulit serta membakar karbohidrat menjadi energi untuk tubuh. Nasi, gandum, telur dan susu merupakan makanan penghasil vitamin B1.

Vitamin B2

Sering disebut juga riboflavin yang mana berperan dalam metabolisme tubuh. Selain itu, vitamin B2 juga berperan untuk membentuk molekul steroid, glikogen serta merangsang pertumbuhan kulit, kuku maupun rambut. Vitamin B2 dapat dijumpai pada sayuran dan susu.

Vitamin B3

Dikenal juga dengan niasin, vitamin ini berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak dan juga protein, serta dapat juga menetralisir senyawa beracun. Vitamin B3 sendiri dapat dijumpai pada jenis makanan hewani seperti hati, ginjal, ikan dan juga daging unggas.

Vitamin B5

Vitamin B5 sering disebut sebagai asam pantotenat yang mana memiliki peran untuk memproduksi senyawa sterol, neurotransmiter, asam lemak dan juga hormon tubuh. Vitamin B5 dapat dijumpai pada ginjal, hati, susu, kacang hijau dan juga sayuran hijau.

Vitamin B6

Vitamin B6 sering dikenal dengan istilah pyridoxine yang penting dalam proses metabolisme serta menghasilkan antibodi yang bermanfaat bagi pertahanan tubuh. Vitamin B6 ini dapat dijumpai pada berbagai makanan seperti kacang-kacangan, ikan, daging dan jagung.

Vitamin B7

Sering disebut biotin, vitamin B7 berperan dalam proses memecah protein, lemak dan juga karbohidrat. Selain itu sebagai pengatur DNA dan komunikasi antar sel dalam tubuh.

Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat ini merupakan vitamin yang berperan penting dalam membentuk hemoglobin sehingga menurunkan resiko anemia, serta berperan dalam perkembangan janin.

Vitamin B12

Sianokobalamin atau vitamin B12 merupakan ragam dari vitamin B complex yang berperan dalam memelihara kesehatan sel saraf serta pembentukan DNA dan juga RNA. Selain itu, vitamin B12 ini juga berfungsi dalam membentuk platelet darah dalam tubuh manusia. Vitamin B12 banyak dijumpai pada daging, hati dan juga telur dari hewani.

Bahaya Kurang Mengonsumsi Vitamin B Complex

Jika tubuh kurang mengonsumsi vitamin ini, maka akan timbul beragam permasalahan tubuh seperti:

1.       Kekurangan vitamin B1 mengakibatkan kulit bersisik dan juga kering. Selain itu, timbul gejala beri-beri serta gangguan saluran pencernaan.

2.       Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan mulut kering, bibir pecah dan juga sariawan.

3.       Kekurangan vitamin B3 membuat tubuh mengalami gangguan sistem pencernaan, muntah, mual kejang dan juga kram otot.

4.       Defisiensi atau kekurangan vitamin B5 sendiri dapat menyebabkan kulit pecah dan bersisik, serta keram otot dan kesulitan tidur.

5.       Defisiensi vitamin B6 akan menyebabkan keram otot pada tubuh serta gangguan tidur malam atau sering disebut insomnia.

6.       Kekurangan vitamin B9 akan mengakibatkan mudah lelah, insomnia dan menjadi depresi.

7.       Kekurangan atau defisiensi dari vitamin B12 mengakibatkan anemia atau kurang darah, cenderung mudah lesu serta iritasi pada kulit.

Itulah tadi sekilas penjelasan tentang vitamin B complex dan juga kandungan manfaatnya yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda bisa juga mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *