Categories
Kesehatan Tips

Optimalkan Kesehatan Organ Tubuh dengan Segudang Manfaat Selenium

Selenium adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, namun berperan penting untuk fungsi biologis, terutama sebagai antioksidan. Selenium inorganik dari tanah akan diserap tanaman dan diubah menjadi bentuk organik, lalu masuk pada rantai makanan yang berujung pada diet manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat selenium yang penting untuk Anda ketahui.

1. Melindungi dari Penyakit Jantung

Tingkat kematian akibat penyakit jantung memiliki angka yang tinggi di Indonesia. Bagaimana tidak. jantung merupakan organ vital pada tubuh, sehingga kesehatannya pun juga harus dijaga dengan baik. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan selenium bagi tubuh.

Pemenuhan asupan selenium setiap hari juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2006, bahwa peningkatan kadar selenium dalam darah sebesar 50% mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 24%.

Mineral yang satu ini dapat membantu menurunkan C-reactive protein (CRP), salah satu penanda peradangan dalam tubuh. Secara bersamaan, selenium juga meningkatkan kadar glutathione perioksidase yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Dengan begitu, masalah peradangan bisa diatasi dan mencegah terserang penyakit-penyakit kronis, salah satunya adalah jantung.

Kombinasi kedua komponen tersebut membuat tubuh terlindungi dari stres oksidatif, salah satu penyebab menumpuknya plak di arteri (aterosklerosis). Timbunan plak di arteri merupakan salah satu pemicu sakit jantung. Karena itulah, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan selenium yang cukup setiap hari agar terhindar dari penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar selenium dalam darah berperan penting terhadap respon imun tubuh. Pasalnya, selenium mengandung antioksidan yang dapat menurunkan stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh. Di masa pandemi seperti saat ini, sistem imun tubuh harus kuat agar bisa menangkal semua virus yang mengancam kesehatan tubuh.

Di sisi lain, kekurangan selenium terbukti mampu merusak fungsi sel imun. Hal ini dapat mengakibatkan respon imun bergerak lambat sehingga tubuh jadi rentan terserang penyakit. Manfaat selenium yang satu ini juga dapat membantu mendongkrak sistem imun tubuh pada pasien-pasien khusus seperti HIV, influenza, TBC, hingga hepatitis C.

3. Menjaga Kesehatan Tiroid

Jaringan tiroid mengandung kadar selenium yang lebih tinggi dibandingkan organ lain dalam tubuh. Karena itulah, selenium sangat dibutuhkan agar tiroid Anda tetap sehat dan bekerja optimal dan menjaga agar sistem kerja tubuh berjalan secara optimal.

Fungsi kelenjar tiroid adalah untuk mengatur metabolisme sekaligus pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Fungsi tersebut bisa berjalan maksimal jika diseimbangi dengan asupan selenium yang cukup, terutama untuk memproduksi hormon tiroid.

Selain itu, manfaat selenium juga dapat melindungi tiroid dari kerusakan oksidatif. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan masalah tiroiditis hashimoto, yakni kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid. Mirip seperti gangguan hipotiroid.

4. Sebagai Antioksidan Kuat

Selenium mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Mineral ini bekerja dengan cara menetralisir kelebihan radikal bebas, lalu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Sebetulnya, tubuh juga menghasilkan radikal bebas secara alami untuk melindungi tubuh dari penyakit. Tetapi kalau berlebihan, ini malah bisa jadi bumerang dan berbalik menyerang kesehatan Anda. Contohnya memicu penyakit jantung dan kanker.

Itulah tadi beberapa manfaat selenium bagi tubuh. Sangat banyak sekali bukan manfaat dari zat yang satu ini. Jadi, penting sekali untuk memenuhi asupan selenium untuk tubuh. Anda bisa melengkapinya dengan suplemen atau juga dari beberapa makanan tertentu.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *