Categories
Obat

Pantothenic Acid Obat Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

pantothenic acid obat apa

Pantothenic acid obat apa penting untuk diketahui agar tidak salah dalam penggunaannya. Pantothenic acid merupakan sejenis vitamin B5 yang dibutuhkan oleh tubuh dengan berbagai manfaat. Vitamin B5 merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Berikut ini penjelasan lengkap terkait obatnya.

Manfaat Vitamin B5

Vitamin B5 bermanfaat untuk esensial tubuh sebagai komponen penyusun koenzim A (CoA). Keberadaan vitamin B5 akan membantu produksi energi dan metabolisme tubuh yaitu  metabolisme karbohidrat, protein, dan asam lemak. Anda bisa mendapatkan suplemen dari berbagai jenis makanan atau mengonsumsi suplemen.

Pantothenic acid juga bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda menjaga kesehatan rambut, kulit, dan mata. Manfaat lainnya membantu melancarkan proses pencernaan, menjaga fungsi sistem saraf, menjaga fungsi hati, dan meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika kebutuhan vitamin B5 ini terpenuhi maka tubuh akan berada dalam kondisi sehat.

Dalam medis pantothenic acid  memiliki manfaat untuk mengatasi kecanduan alkohol, depresi dan gangguan ADHD. Digunakan juga untuk mengatasi masalah gagal jantung, asma, kejang, nyeri saraf diabetes, gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan obesitas.

Gejala Kekurangan Vitamin B5

Anda tidak akan mengalami masalah kesehatan yang serius saat kekurangan vitamin B5 hanya saja akan mengalami gejala dan tentu sedikit banyaknya mempengaruhi aktivitas. Gejala yang dialami mudah lelah, mudah marah, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Cara Penggunaan Pantothenic Acid 

Penggunaan dilakukan setelah makan jika memiliki masalah lambung. Pantothenic acid secara umum diminum sebelum makan dengan segelas air putih. Anda harus tahu pantothenic acid ini tidak bisa diminum rutin setiap hari kecuali sudah atas rekomendasi dokter.

Cara Penyimpanan Pantothenic Acid 

Setelah mengetahui pantothenic acid obat apa, penting untuk Anda mengetahui cara penyimpannanya yaitu di simpan di suhu ruangan. Anda juga harus melakukan penyimpanan dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung dan tidak disimpan di tempat lembap. Penyimpanan yang tepat juga bisa dilihat di bagian petunjuknya pada kemasan.

Dosis Penggunaan Pantothenic Acid 

Dosis penggunaan obat ini disesuaikan dengan kondisi seseorang. Bagi perempuan dan laki-laki dewasa dosisnya adalah 5 miligram (mg). Bisa diminum untuk ibu hamil dengan dosis 6 mg dan bisa untuk ibu menyusui dosisnya adalah 7 mg.

Hanya saja untuk ibu hamil dan menyusui yang memiliki masalah kesehatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu. Anak-anak juga bisa mengonsumsinya dengan dosis yang berbeda-beda sesuai usia. Dari usia bayi 0-6 bulan bisa mengonsumsi 1.7 mg. Bayi usia 7-12 bulan sebanyak 1.8 mg.

Berbeda lagi untuk usia 1-3 tahun dosisnya sebanyak 2 mg, anak-anak usia 4-8 tahun dosisnya adalah 3 mg, dan anak-anak usia 9-13 tahun dosisnya sebanyak 4 mg. Bentuk obatnya tablet dan kapsul air. Jangan melebihi dosisi yang sudah ditetapkan agar tidak terjadi overdosis.

Efek Samping Pantothenic Acid 

Anda yang tidak cocok dengan obat ini akan mengelami efek samping alergi. Bisa mengalami ruam, gatal-gatal, sesak di dada sampai kesulitasn bernapas, terjadi pembengkakan di mulut, wajah, bibir, dan lidah. Jika efek samping yang dialami semakin parah segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Anda yang sudah memahami pantothenic acid obat apa harus mengonsumsinya sesuai ketentuan atau konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan disini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *