Categories
Kesehatan

Pengertian, Cara Ekstraksi, dan Fungsi Curcuma Xanthorrhiza Rhizoma

Curcuma Xanthorrhiza Rhizoma

Perkembangan teknologi memang membawa kehidupan manusia terutama di bidang kesehatan mengalami perkembangan pesat. Pembuatan obat-obat buatan menjadi lebih mudah dan dapat dijumpai di pasaran tetapi tidak bisa mengganti keberadaan obat herbal. Salah satu jenis obat herbal yang banyak digunakan sampai sekarang adalah Curcuma Xanthorrhiza Rhizoma.

Mengenal Curcuma Xanthorrhiza

Indonesia dengan iklim tropis memiliki keragaman hayati yang sangat besar dan ini juga membuat keberadaan obat herbal menjadi sangat melimpah. Curcuma Xanthorrhiza sendiri adalah nama latin yang digunakan untuk menyebut temulawak, tumbuhan yang berasal dari suku Zingiberaceae.

Temulawak merupakan obat herbal yang berasal asli dari Indonesia sendiri khususnya di pulau Jawa hingga menyebar ke berbagai tempat. Saat ini, temulawak sendiri sudah banyak dibudidayakan di banyak negara seperti misalnya China, India, Jepang, hingga Amerika Serikat. Tumbuhan temulawak paling sering dimanfaatkan bagian rimpangnya sebagai obat herbal.

Cara Ekstraksi Temulawak

Di pasaran, banyak beredar obat-obatan yang mengandung ekstraksi dari zat-zat tertentu saja yang ada di temulawak. Hal ini dilakukan agar hasil yang didapatkan adalah berupa zat-zat asli tanpa adanya campuran lain sehingga bisa khusus digunakan untuk tujuan tertentu. Ini dia beberapa cara ekstraksi temulawak yang sudah sering dilakukan:

1. Ekstraksi Perkolasi

Metode pertama yang sering digunakan untuk ekstraksi adalah metode perkolasi. Perkolasi sendiri merupakan proses ekstraksi dengan menggunakan pelarut hingga perkolat tidak mengandung senyawa aktif lagi. Ciri khas yang ada dalam metode ini adalah metode penyaringan nantinya akan menggunakan bahan berpori untuk memisahkannya.

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan zat penyari yang akan menyebabkan zat aktif menjadi jenuh dan tertahan di bawah. Perkolasi biasa digunakan untuk mendapatkan ekstraksi kurkumin yang berperan penting sebagai antioksidan nantinya.

2. Metode Maserasi

Ekstraksi dengan menggunakan metode maserasi sendiri secara prinsip bertujuan untuk mengikat senyawa aktif. Pengikatan senyawa aktif ini dapat dilakukan oleh adanya pelarut organic yang digunakan sehingga senyawa aktif yang ada dalam temulawak bisa bertahan.

Langkah pertama dari metode ini adalah menyiapkan rimpang temulawak yang sudah dicuci bersih kemudian dirajang. Setelah itu, Curcuma Xanthorrhiza Rhizoma akan dikeringkan hingga kandungan airnya tersisa sebanyak 12% saja. Temulawak kering akan dijadikan tepung kemudian diekstraksi dengan metode maserasi ini yang akan menghabiskan waktu 12-36 jam.

Fungsi Temulawak

Di Indonesia sendiri, temulawak sudah digunakan sebagai obat herbal yang biasanya berupa jamu dengan segudang manfaat. Kandungan dari rimpang yang satu ini adalah zat tepung, minyak atsiri, dan zat kurkumin. Temulawak dipercaya bisa memberikan efek anti-inflamasi, antibakteri, dan juga bisa mengurangi resiko kanker.

Karena sifatnya yang antibakteri, tidak jarang temulawak digunakan sebagai obat alternatif untuk jerawat. Selain itu, temulawak juga bisa meningkatkan nafsu makan pada anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa penyakit perut juga bisa diatasi dengan konsumsi rimpang yang satu ini selama dalam dosis yang tidak berlebihan.

Ada banyak masalah pencernaan yang bisa diatasi seperti misalnya perut kembung, kandungan gas dalam perut, serta penyakit dispepsia. Temulawak tidak akan memberikan dampak negatif bagi tubuh dan malah akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sulit terserang penyakit.

Curcuma Xanthorrhiza Rhizoma atau yang dikenal dengan nama temulawak merupakan salah satu tanaman berharga yang memiliki peran penting. Konsumsi temulawak tidak harus dengan cara meminum jamu karena sekarang pun sudah ada suplemen temulawak. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa mendapat rekomendasi pemakaian.

Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *