Categories
Kesehatan

Pentingnya Konsumsi Buah Untuk Kesehatan

Buah merupakan sumber makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hampir semua buah konsumsi bisa Anda makan dengan aman. Salah satu buah yang cukup besar manfaatnya adalah buah sawo, banyak fungsi buah sawo yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Bahkan beberapa buah kalah secara nutrisi dengan buah sawo.

Tentunya akan sangat aman jika Anda mengonsumsi sawo sehari-hari dengan porsi yang cukup. Jika berlebihan tentu saja ada efek buruk yang bisa dihasilkan dari buah ini. Jadi biasakan mengonsumsi buah secukupnya sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Makanan apa pun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menghasilkan efek buruk, begitu juga dengan buah sawo.

Efek Buruk Mengonsumsi Sawo Secara Berlebihan

Meskipun memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi buah sawo secara berlebihan. Ada beberapa efek samping yang buruk jika Anda mengonsumsi buah sawo berlebihan. Jika tidak ingin mendapatkan efek samping ini maka jaga porsi yang tepat untuk mengonsumsi buah sawo. Berikut beberapa efek buruk yang bisa dihasilkan ketika mengonsumsi buah sawo secara berlebihan ;

●      Berat Badan Naik

Efek buruk yang pertama ketika Anda terlalu sering dan berlebihan ketika mengonsumsi buah sawo adalah berat badan Anda akan naik. Kandungan yang ada pada buah sawo memungkinkan terjadinya penambahan berat badan Anda. Jika tidak ingin hal ini terjadi maka Anda harus bisa mengontrol porsi makan buah sawo Anda. Fungsi buah sawo tidak akan Anda dapatkan jika Anda berlebihan dalam mengonsumsinya.

●      Sakit Perut

Meskipun buah sawo sangat baik untuk pencernaan, namun ketika Anda mengonsumsi buah ini secara berlebihan justru akan membuat pencernaan Anda terganggu. Anda juga akan merasakan sakit perut yang cukup mengganggu. Ini merupakan efek buruk yang bida didapatkan seseorang yang tidak memperhatikan porsi makan buah sawo mereka dalam satu waktu. Jangan sampai tujuan Anda untuk membantu melancarkan pencernaan justru malah merusak pencernaan karena konsumsi secara berlebihan.

●      Masalah Pernapasan

Bahaya bisa dihasilkan jika seseorang mengonsumsi buah sawo mentah, masalah pernapasan dan iritasi tenggorokan sering terjadi pada orang-orang yang mengonsumsi sawo mentah.

●      Batuk

Buah sawo juga bisa menyebabkan batuk, namun efek samping ini hanya bisa dirasakan oleh orang yang terlalu banyak mengonsumsi buah sawo. Batuk dan radang tenggorokan bisa menjadi resiko yang akan Anda hadapi jika porsi makan buah sawo Anda di atas ambang yang dianjurkan.

Tips Mencegah Efek Buruk Sawo

Agar Anda bisa terhindar dari efek buruk yang dihasilkan oleh buah sawo maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Yang pertama Anda harus mengonsumsi buah sawo secukupnya, fungsi buah sawo memang sangat banyak, namun ketika Anda mengonsumsi buah ini secara berlebihan maka buah sawo justru memberikan efek negatif untuk tubuh Anda. Yang kedua jika Anda penderita diabetes maka Anda sangat tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah sawo. Alasannya sudah jelas karena buah sawo ini mengandung banyak gula yang tidak baik untuk penderita diabetes.

Bagaimana Jika Penderita Diabetes Membutuhkan Nutrisi Buah Sawo?

Nutrisi yang terkandung dari buah sawo memang sangat banyak, itulah mengapa fungsi buah sawo juga sangat besar untuk tubuh. Namun bagaimana ketika penderita diabetes ingin mendapatkan nutrisi yang sama seperti buah sawo? Solusinya adalah mengganti dengan suplemen yang cocok untuk penderita diabetes.

Konsultasikan dengan ahli nutrisi yang ada pada situs Jovee. Jovee dapat membantu memenuhi kebutuhan suplemen mu. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *