Categories
Kesehatan

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut bisa dialami oleh siapa saja. Setiap orang pasti ingin tahu cara menghilangkan bau mulut. Selain cara menghilangkan, cari tahu juga apa saja penyebab dari bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Dengan tidak rutin menggosok gigi maka serpihan makanan bisa tertinggal dalam mulut. Bakteri bisa tumbuh pada serpihan tersebut yang mengakibatkan bau tidak sedap karena senyawa yang dikeluarkannya. Jika terus dibiarkan maka bisa bakteri penyebab bau mulut terus berkembang, kemudian menjadi plak gigi. Jika terjadi, bau yang dihasilkan akan lebih parah. Karena itu, penting menggosok gigi setiap hari demi kesehatan gigi dan juga mencegah bau mulut.

Selain jarang menggosok gigi, kurang air liur bisa menyebabkan mulut kering sehingga bisa menyebabkan bau mulut. Air liur menjadi pembersih serpihan makanan sampai benda asing dalam mulut. Jadi mulut yang kering juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Biasanya terjadi saat bangun tidur, apalagi saat tidur dalam keadaan mulut terbuka.

Selain itu, merokok, minum alkohol, makan makanan dengan bau menyengat, terjadi infeksi atau peradangan pada mulut, hidung, rongga sinus, atau tenggorokan, sampai menderita penyakit asam lambung dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Menghilangkan Bau Mulut Alami

Menghilangkan bau mulut tidak hanya rajin menggosok gigi atau perawatan mulut lainnya. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa menjadi salah satu caranya. Namun ada juga cara alami yang bisa dilakukan seperti berikut:

1. Susu

Setelah mengonsumsi makanan menyengat seperti bawah merah atau putih, atau makanan menyengat lainnya, minumlah susu setelahnya. Produk olahan susu seperti yogurt juga bisa menghilangkan bau karena terdapat kandungan probiotik yang mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

2. Jeruk

Selain rasanya yang menyegarkan, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang memperbanyak produksi air liur. Karena air liur yang meningkat maka bakteri penyebab bau mulut bisa dihilangkan. Bahkan vitamin C berperan penting mengatasi radang gusi sampai sariawan.

3. Teh hijau

Teh hijau atau green tea sudah sejak lama diketahui memiliki kandungan zat dengan sifat antibakteri dan antioksidan, bahkan mampu mengurangi peradangan. Teh hijau juga bisa mengatasi bau mulut. Jika ingin menambahkan cita rasa di dalamnya, tambahkan daun mint ke dalam teh, karena daun mint juga bisa mengatasi bau mulut.

4. Daun sirih

Daun sirih biasa digunakan sebagai tanaman obat dan biasa digunakan secara tradisional. Daun sirih juga biasanya dikunyah untuk menggunakannya. Dalam daun sirih juga terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri sehingga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tentu saja ini baik untuk mengatasi bau mulut.

5. Akar manis

Akar manis biasanya digunakan sebagai obat gatal, peradangan kulit, hingga nyeri dalam ulu hati. Tidak hanya itu saja, akar manis juga memiliki kandungan senyawa antibakteri sehingga dipercaya bisa menghilangkan bau mulut. Bahkan bisa meredakan sariawan sampai mencegah kerusakan gusi dan gigi. Banyak yang menggunakan akar manis dengan cara menggosokkannya di gigi. Namun ada juga produk herbal yang bisa ditemukan di pasaran.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut. Atasi bau mulut sehingga tidak jadi masalah serius di kemudian hari. Selain itu, bau mulut bisa menurunkan percaya diri saat berbicara dengan orang lain.

Jika ingin tahu informasi tips dan trik kesehatan lain, kunjungi Jovee dengan mengunduh aplikasinya. Dapatkan juga vitamin dan suplemen yang bermanfaat hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *