Categories
Penyakit

Penyebab Gangguan Psikosomatik dan Cara untuk Mengobatinya

gangguan psikosomatik

Gangguan psikosomatik merupakan sebuah gangguan yang terjadi karena Anda mengalami stres emosional. Gangguan yang dialami ini akhirnya akan mempengaruhi tubuh dengan rasa sakit pada fisik. Berikut penyebab terjadinya psikosomatik dan cara untuk mengobatinya. 

Penyebab Terjadinya Psikosomatik

Depresi 

Dalam hidup ada banyak sekali hal yang bisa membuat seseorang mengalami depresi. Kondisi depresi yang berlangsung lama dinyatakan sebagai salah satu penyakit mental. Pada akhirnya berisiko mengalami gangguan psikosomatik. Risikonya menjadi lebih besar saat sistem imun Anda melemah karena depresi berat yang dialami. 

Kecemasan atau Kepanikan

Penyebab lain terjadinya psikosomatik karena Anda mengalami kecemasan atau kepanikan secara berlebihan. Di mana Anda tidak bisa mengendalikan diri dan bisa sampai menggigil atau histeris saat mengalaminya. Kondisi ini tidak hanya terjadi sekali saja, tetapi berkali-kali bahkan karena hal yang sama. 

Sakit Mental

Psikosomatik penyebab lainnya bisa terjadi karena mengalami sakit mental. Di mana gejala sakit mentalnya tidak bisa terdeteksi atau bahkan sering mengeluhkan sakit yang tidak sesuai dengan gejala. Ini bisa menandakan bahwa Anda sedang mengalami gangguan psikosomatis.

Cara untuk Pengobatan Psikosomatik

Relaksasi atau Meditasi 

Pengobatan gangguan psikosomatik bisa dengan melakukan relaksasi atau meditasi. Anda bisa menemukan tempat yang bisa membantu melakukan relaksasi atau meditasi. Bisa juga dengan mencari caranya secara otodidak di youtobe. 

Solusi paling tepat yang bisa dilakukan dengan mengunjungi psikiater agar Anda diajarkan cara terbaik untuk relaksasi dan meditasinya. Cara pengobatan ini nantinya akan memberikan Anda ketenangan dan bisa mengendalikan emosi dengan lebih baik. 

Terapi Kognitif Perilaku

Cara pengobatan yang bisa dilakukan untuk gangguan ini bisa memilih terapi kognitif perilaku. Metode pengobatan ini menggunakan cara dengan meminta Anda mencari tahu apa saja hal yang bisa memperburuk kondisi. 

Secara bertahap nantinya terapi ini bisa meredakan pikiran buruk secara berlebihan. Akhirnya Anda bisa mengatasi semuanya dengan lebih tenang. Tujuan dari pengobatan ini untuk bisa melatih respon mental Anda terhadap situasi hidup yang berat. 

Obat dari Dokter

Pengobatan yang paling sering dipilih adalah mendatangi psikiater kemudian mendapatkan obat dari resep dokter. Ini menjadi solusi praktis untuk gejala psikosomatik yang tidak disertai dengan keluhan hanya saja membuat Anda sangat tidak terkendali. Obat yang biasanya diberikan antidepresan atau obat penghilang rasa sakit. 

Hipnoterapi

Pengobatan yang juga bisa dilakukan dengan hipnoterapi sebagai sebuah cara efektif. Anda diminta untuk bisa mengeksplorasi pikiran, ingatan yang menyakitkan, dan perasaan sedih yang tersembunyi di alam bawah sadarnya. Nanti Anda akan diajarkan untuk bisa terbiasa mengolah dan menggapi masalah tersebut secara baik. 

Akupunktur

Cara lainnya untuk mengatasi psikosomatik ini bisa dengan memilih akupuntur.  Di mana cara akupuntur ini akan membantu meningkatkan hormone serotonin. Hormon ini akan mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik, sehingga stres atau depresi penyebab psikosomatik bisa teratasi. Hormon ini juga bermanfaat untuk mengantar sinyal ke jaringan saraf.

Terapi Musik

Anda juga bisa melakukan pengobatan ini dengan mencoba terapi musik yang dilakukan secara rutin. Terapi ini menggunakan musik klasik atau musik yang hanya berupa instrumen. Nantinya terapi ini bisa membuat Anda penderita psikosomatik menjadi lebih tenang dan akhirnya gangguan yang dialami bisa berkurang secara bertahap. 

Jika Anda merasa mengalami gangguan psikosomatik segera lakukan konsultasi ke dokter. Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *