Categories
Penyakit Tips

Penyebab Paru-Paru Basah serta Cara Tepat Menanganinya

Penyebab Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah bisa dibilang sebagai penyakit yang tak asing lagi di telinga masyarakat luas. Penyakit ini ditandai dengan kondisi di mana terjadinya peradangan di salah satu bahkan kedua paru-paru, yang kemudian memicu penimbunan cairan di organ pernapasan tersebut. Lalu, apa sebenarnya penyebab paru-paru basah ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Paru-Paru Basah

1. Infeksi Bakteri

Paru-paru basah atau dikenal juga dengan istilah pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Tipe bakteri yang paling umum dikenal sebagai penyebab paru-paru basah adalah pneumokokus pneumonia. Pneumokokus pneumonia ini sendiri terbentuk akibat adanya bakteri streptokokus pneumonia yang normalnya hidup di bagian atas saluran pernapasan.

Infeksi bakteri yang menyebabkan paru-paru basah bisa terjadi setelah seseorang terserang demam atau flu. Umumnya, infeksi bakteri pada paru-paru ini akan menyerang satu bagian atau satu lobus saja yang ada di paru-paru, sehingga dinamakan sebagai pneumonia lobar. Paru-paru basah yang diakibatkan oleh infeksi bakteri ini paling rentan menyerang orang dengan gangguan pernapasan.

2. Infeksi Virus

Selain disebabkan oleh infeksi bakteri, paru-paru basah juga bisa dipicu oleh infeksi virus. Virus influenza akan menginfeksi saluran pernapasan atas, sehingga terjadilah paru-paru basah yang umum di kalangan orang dewasa. Kebanyakan kasus paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi virus tak begitu parah kondisinya dan juga lebih cepat sembuh dibandingkan dengan infeksi bakteri.

Meski umumnya dikenal sebagai kondisi yang tak terlalu parah, paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi virus kadang bisa berakhir sangat fatal. Pasalnya, virus akan menginfeksi seluruh bagian paru-paru, lalu menduplikasikan dirinya sebanyak mungkin, namun secara fisik tak terlihat jaringan paru-paru yang terinfeksi dan dipenuhi cairan.

3. Infeksi Jamur

Penyebab paru-paru basah selanjutnya adalah karena infeksi jamur. Paru-paru basah akibat infeksi jamur ini umum terjadi pada orang yang mengalami gangguan kesehatan kronis dan daya tahan tubuh yang lemah. Jamur yang memicu terjadinya paru-paru basah ini disebut dengan istilah Pneumocystis jirovecii.  

Cara Tepat Menangani Penyakit Paru-Paru Basah

Penanganan dalam bentuk obat yang diberikan pada pasien pengidap paru-paru basah akan didasarkan pada 3 hal. 3 hal tersebut meliputi organisme penyebabnya, ketahanan organisme atas antibiotik tertentu, serta kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Umumnya, bagi pengidap paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur, obat yang diberikan berupa antibiotik. 

Bagi pengidap paru-paru basah yang disebabkan oleh infeksi virus, tak akan efektif penanganannya dengan antibiotik. Dokter umumnya akan meresepkan obat antivirus, yang terutama sekali akan optimal efeknya jika digunakan di awal terjadinya infeksi virus pada paru-paru.

Cegah Paru-Paru Basah Sebelum Terjadi

Dibandingkan dengan mengobati, tentu akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan atas infeksi yang menyebabkan paru-paru basah. Langkah pencegahan pertama adalah dengan melakukan vaksinasi, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Kedua, biasakan diri untuk menjalankan gaya hidup sehat dan higienis.

Ketiga, jangan merokok atau hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Merokok dapat menyebabkan sistem pertahanan alami paru-paru atas terjadinya infeksi menjadi rusak. Terakhir, jaga selalu daya tahan tubuh agar tidak drop. Tidurlah yang cukup, berolahraga rutin, serta konsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyebab paru-paru basah, beserta dengan cara penanganan dan pencegahannya. Usahakan untuk memvaksinasi diri sedini mungkin, agar bisa terlindungi dari infeksi bakteri, jamur, serta virus yang menyebabkan paru-paru basah. Ingat selalu untuk membudayakan gaya hidup sehat, agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari risiko infeksi.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *