Categories
Kesehatan

Selenium adalah Zat Penting untuk Kesehatan Tubuh, Berikut Alasannya

Selenium Adalah

Beberapa orang mungkin belum pernah mendengar perihal selenium, zat yang sangat vital untuk tubuh. Selenium adalah mineral esensial yang berarti harus dikonsumsi oleh tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Ada banyak fungsi tubuh yang membutuhkan mineral ini seperti misalnya metabolism tubuh dan fungsi tiroid.

Apa itu Selenium?

Selenium sendiri merupakan elemen nutrisi yang secara alami ada di dalam beberapa makanan dan juga tanah yang sering dijadikan suplemen. Mineral tersebut termasuk ke dalam salah satu nutrisi berperan penting dalam sintesis DNA serta kerusakan baik infeksi atau oksidasi.

Ada dua bentuk selenium itu sendiri yakni dalam bentuk organic (selenomethionine dan selenocysteine) serta anorganik (selenite dan selenite). Bentuk tersebut bisa menjadi sumber selenium yang diperlukan oleh tubuh. Dalam tanah, ada selenites sebagai bentuk selenium anorganik yang nantinya akan diubah menjadi organic oleh tanaman.

Di jaringan hewan dan manusia, selenium sendiri biasa berbentuk selenomethionine yang dapat digabungkan ke dalam jenis protein tubuh. Tempat utama untuk menyimpan selenium di tubuh adalah pada otot rangka yang menyimpan 28% hingga 46% dari total yang ada. Ketika direduksi, selenosistein dan selenit akan menghasilkan hidrogen selenida yang berfungsi untuk sintesis.

Orang sehat biasanya memiliki konsentrasi serum selenium di angka 8 mcg / dL atau lebih tinggi. Kandungan itu diukur melalui rambut atau kuku dan yang terbaru melalui urin dan digunakan untuk memantau asupan selenium sendiri.

Mengapa Orang-Orang Mengkonsumsi Selenium?

Selenium adalah salah satu mineral yang berhasil mencuri banyak perhatian karena fungsinya sebagai antioksidan. Antioksidan ini bisa membantu sel-sel baik dalam tubuh agar tidak mengalami kerusakan. Penelitian menemukan bahwa selenium bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kanker prostat pada pria.

Memang secara langsung, selenium tidak memberikan dampak terlalu nyata untuk paru-paru tetapi sangat membantu kekebalan tubuh. Selenium juga dipercaya bisa mengobati penyakit jantung karena terjaganya tekanan darah dalam kondisi optimal. Hal tersebut sudah terbukti dengan adanya penelitian pada lebih dari 433.000 orang yang mengidap penyakit jantung.

Penyakit lain yang dipercaya bisa diatasi dengan suplemen ini adalah Alzheimer, penyakit yang pertumbuhannya sangat pesat. Ini karena selenium bisa membantu melepaskan stress sehingga penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson ini bisa diatasi. Fungsi mental bisa membaik dengan terpenuhinya kebutuhan selenium di dalam tubuh.

Rekomendasi Konsumsi Selenium

Selenium merupakan salah satu nutrisi yang termasuk dalam Diet Referensi Intake (DRI) yang dikembangkan oleh badan nutrisi dunia. Dalam DRI tersebut terdapat bagaimana perencanaan gizi yang harus dipenuhi agar kesehatan terjaga menurut usia dan jenis kelaminnya.

Selenium sendiri perlu dipenuhi dengan rekomendasi berbeda-beda di tiap umur dan juga jenis kelamin berdasarkan DRI ini. Untuk usia di bawah 8 tahun, baik wanita atau pria dianjurkan untuk mengkonsumsi 15-30 mcg per hari. Sedangkan hal ini akan meningkat di umur 9-13 tahun menjadi 40 mcg serta 55 mcg di usia lebih dari 14 tahun untuk pria dan wanita.

Selenium bisa dikonsumsi melalui makanan seperti misalnya daging pada bagian uratnya, sereal, dan juga produk-produk peternakan lainnya. Ada juga beberapa tanaman yang memiliki kandungan ini seperti misalnya biji-bijian. Nah alternative yang bisa digunakan untuk sumber selenium sendiri biasanya berupa suplemen yang banyak dijual.

Itu dia beberapa hal tentang selenium yang memang keberadaannya sangat diperlukan meskipun dalam jumlah sedikit. Selenium adalah salah satu jenis nutrisi yang memang tidak bisa diciptakan langsung oleh tubuh sehingga diperlukan adanya konsumsi dari luar.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *