Categories
Penyakit

Selian Nyeri, Ini 8 Ciri-Ciri Jantung Mengalami Masalah

ciri-ciri jantung

Penyakit jantung merupakan kondisi yang menunjukkan jika terjadi gangguan pada organ vital jantung. Masalah kesehatan yang satu ini umumnya juga menunjukkan ciri-ciri jantung yang tidak khas. Namun ada juga beberapa yang tidak menunjukkan gejala penyakit jantung yang jelas. Selain rasa nyeri, ini dia 8 tanda lain jika jantung Anda mengalami masalah. 

Rasa Tidak Nyaman Pada Area Dada

Kondisi ini menunjukkan jika ada sumbatan pada bagian arteri jantung. Rasa tidak nyaman yang bisa terjadi antara lain seperti sesak, nyeri, tekanan pada bagian dada hingga seperti terbakar. Gejalanya bisa timbul dalam selang waktu beberapa menit. Namun umumnya terjadi ketika Anda sedang beristirahat atau melakukan aktivitas fisik yang berat. 

Rasa Mual, Mulas dan Sakit Perut

Pada umumnya sebagian besar wanita sering mual, mulas dan sakit perut saat mengalami gangguan jantung. Meski demikian tidak semua rasa mual mulas dan sakit pada area perut merupakan ciri-ciri jantung mengalami masalah. Meski demikian Anda juga harus waspada sebab gangguan kesehatan ini juga merupakan indikasi jika jantung Anda bermasalah. 

Pusing atau Bahkan Pingsan

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi pemicu tubuh kehilangan keseimbangan atau pingsan. Salah satunya karena tubuh kurang asupan atau berdiri terlalu lama. Jadi pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasa tubuh tiba-tiba tidak stabil yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada bagian dada. 

Nyeri yang Menyebar Sampai ke Lengan

Tanda-tanda jika jantung Anda mengalami masalah selanjutnya adalah rasa nyeri yang menyebar sampai ke lengan. Mulai dari dada yang menjalar ke sisi tubuh bagian kiri. Penderitanya juga sering mengalami sakit dada di sebelah kiri dan rasa nyerinya menjalar ke bagian lengan kiri hingga penderitanya merasakan sakit lengan. 

Mudah Merasa Lelah

Bila Anda mudah merasa lelah padahal tidak berolahraga, melakukan pekerjaan berat, ataupun beraktivitas fisik pastikan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Sebab beberapa penderita penyakit jantung umumnya sering merasa lelah tanpa sebab yang jelas. Bahkan terkadang terasa lelah tumbuh selama berhari-hari.  Gejala ini umumnya dialami oleh wanita. 

Sakit Pada Area Tenggorokan atau Rahang

Kebanyakan orang mengira jika sakit pada area tenggorokan dan rahang tidak ada kaitannya dengan jantung. Biasanya mereka menduga jika Hal ini disebabkan karena masalah otot kaku, pilek atau sinus. Namun jika Anda merasakan nyeri pada bagian dada yang kemudian menyebar ke tenggorokan atau rahang, kondisi ini bisa menjadi pertanda jika jantung mengalami masalah. 

Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur ketika kelelahan atau tidur sejenak merupakan hal yang wajar. Namun Anda perlu waspada jika volume dengkuran terdengar keras yang disertai dengan tersedak atau terengap-engap. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda sleep apnea. Gangguan tidur yang menyebabkan Anda berhenti bernafas selama beberapa saat bisa menyebabkan tekanan pada jantung. 

Detak Jantung Tidak Teratur

Pada umumnya jantung Anda akan berdegup kencang saat merasa gugup, kurang tidur, banyak bekerja, bersemangat atau terlalu banyak kafein. Namun jika Anda sering merasakan jantung berdetak lebih cepat tanpa sebab yang jelas, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya kondisi ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada organ jantung. 

Tak hanya nyeri dada, di atas merupakan 8 ciri-ciri jantung mengalami masalah. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu jangan lupa untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga. Namun Jangan lakukan secara berlebihan ya.  

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *