Categories
Obat

Sering Mengalami Sembelit? Ini Dia Manfaat Dulcolax untuk Pencernaan

Dulcolax

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu obat pencahar dengan merek Dulcolax. Ya, ini adalah salah satu obat pencahar yang digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Apa si sebenarnya manfaat Dulcolax itu? Untuk Anda yang ingin tahu jawabannya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Dulcolax

Mengonsumsi Dulcolax tentunya memiliki manfaat, terutama untuk Anda yang memiliki masalah terhadap sistem pencernaan. Salah satunya adalah sembelit. Nah, sembelit sendiri terjadi ketika sistem pencernaan kekurangan cairan, sehingga feses yang ada di dalam usus mengeras.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sembelit, misalnya karena sering menahan buang air besar, kurang makan makanan yang berserat, atau akibat penyakit lain. Nah, dalam Dulcolax sendiri terdapat kandungan bisacodyl yang merupakan bahan utama dari obat ini.

Pada umumnya, bisacodyl merupakan salah satu obat pencahar yang cara kerjanya dengan meningkatkan pergerakan usus sehingga membantu memudahkan feses untuk keluar. Tidak hanya sebagai obat pencahar saja, namun manfaat Dulcolax juga bisa digunakan untuk membersihkan usus sebelum melakukan operasi. Namun, dalam hal ini proses penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Cara Menggunakan Dulcolax

Untuk Anda yang sedang mengalami sembelit dan ingin menggunakan Dulcolax, ada beberapa cara yang harus dilakukan sesuai dengan jenis obat ini.

1. Bentuk Tablet

Bagi Anda yang menggunakan Dulcolax dalam bentuk tablet, Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan cara meminumnya. Penggunaan obat ini bisa Anda lakukan dengan cara mengikuti aturan yang tertera di dalam kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Cara meminumnya juga mudah mengingat obat ini sangat kecil. Anda bisa meminumnya dengan cara menelan tanpa dikunyah terlebih dahulu. Saat mengonsumsinya, dilarang untuk meminum antasida, atau produk susu dalam kurun waktu satu jam. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan risiko perut mual atau sakit perut.

2. Bentuk Supositoria

Dulcolax bentuk seperti ini cara kerjanya tidak dengan diminum, namun dengan dimasukkan ke anus. Untuk menggunakan obat ini, pastikan sebelum dan sesudah menggunakannya Anda harus mencuci tangan dengan bersih.

Pastikan pula jika obat ini tidak dipegang terlalu lama karena nantinya akan meleleh dan lembek. Agar tidak lembek, Anda bisa menyimpan obat ini di lemari pendingin sebelum digunakan. Adapun cara menggunakannya juga mudah, Anda bisa melakukannya dengan cara berbaring.

Caranya adalah dengan berbaring posisi menyamping. Kemudian angkat satu lutut ke arah dada dan masukkan obat ini secara perlahan ke anus sedalam 2 cm dengan posisi lancip di bagian depannya. Tetaplah berbaring dalam kurun waktu beberapa menit agar obat dapat terserap secara sempurna.

Jika Anda sudah merasakan tanda-tanda ingin buang air besar, segera ke kamar mandi untuk buang air besar. Obat ini mungkin akan mengeluarkan efek samping seperti perut terasa melilit dengan durasi yang sering dan teramat sakit. Namun Anda tidak perlu masalah karena ini adalah hal yang wajar.

Oh iya, obat ini juga tidak boleh digunakan dalam kurun waktu 7 hari terus menerus tanpa izin dokter ya. Pasalnya, jika digunakan secara terus menerus, Dulcolax bisa menyebabkan efek yang serius terhadap pencernaan Anda.

Yuk atasi sembelit dengan menggunakan Dulcolax. Ada banyak manfaat Dulcolax yang bisa Anda rasakan. Perut menjadi lebih lega dan keluarkan BAB yang keras tanpa harus berjuang keras.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *