Categories
Tips

Siapa Saja Yang Bisa Mengajukan Reimbursement?

Kalau ingin mencari perusahaan sebagai tempat bekerja tidak saja pendapatan yang diperoleh di perusahaan tersebut yang harus dipikirkan tapi ada hal lain yang juga sangat penting. Hal tersebut adalah perusahaan tersebut bisa memberikan reimbursement kepada karyawannya atau tidak, pastinya selalu ada perusahaan yang enggan mengizinkan adanya yang mengajukan reimbursement kesehatan karyawan. Jika tempat kerjanya hanya di kantor tidak masalah tetapi kalau bekerjanya sampai di luar kantor jelas jadi masalah karena karyawan harus mengeluarkan uangnya sendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jelas hal tersebut merugikan karyawan karena karyawan jadi mengeluarkan dana padahal gajinya tidak bertambah.

4 Hal Penting Saat Mengajukan Reimbursement

Karyawan di perusahaan tidak asing lagi mendengar  reimbursement, jika yang tidak tahu arti dari reimbursement adalah perusahaan akan mengembalikan uang karyawannya yang sebelumnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Karyawan memakai uang pribadinya dikarenakan dana yang diberikan perusahaan tidak bisa mencukupi semua biaya projek atau pekerjaan tersebut. Karena karyawan tidak ingin sampai pekerjaannya gagal maka pakai uangnya sendiri dengan harapan uang tersebut akan kembali. Sebenarnya uang tersebut memang bisa kembali asalkan karyawan saat mengajukan reimbursement memperhatikan beberapa hal di bawah ini.      

  • Jangan Lambat Mengajukan Reimbursement

Untuk pengajuan reimbursement kesehatan karyawan tidak akan disetujui dalam hitungan menit tetapi baru akan disetujui setelah beberapa jam pengajuan tersebut. Kalau tidak bisa juga lebih lama lagi kalau memang karyawan tidak cepat mengajukannya, biasanya perusahaan malah memberikan batas waktu pengajuannya. Untuk batas waktunya sendiri adalah beberapa hari setelah kuitansi pembayaran perjalanan dinas atau juga kuitansi pembelian obat. Jika sampai melebihi batas waktu tersebut pastinya pengajuan akan gagal dan uang tidak dapat kembali lagi. 

  • Lengkapi Persyaratan Pengajuan

Setiap pengajuan baik reimbursement atau pengajuan lainnya pastinya ada syaratnya dan syarat tersebut yang membuat adalah pihak perusahaan. Persyaratan ini kalau sampai tidak dipenuhi pastinya akan menyebabkan pengajuan tersebut akan ditolak, maka dari itu untuk karyawan harus benar-benar melengkapinya. Khusus untuk reimbursement kesehatan karyawan syaratnya agak ribet karena harus melampirkan kuitansi pembayaran obat dan juga biaya pengecekan kesehatan sampai beberapa lembar.          

  • Jangan Melanggar Aturan Perusahaan

Perusahaan kecil atau besar pastinya sudah membuat aturan atau SOP, aturan ini dibuat agar karyawan tidak berbuat sesuka hati yang nantinya akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Karyawan jelas harus menaati aturan tersebut apalagi aturannya ada hubungannya dengan uang seperti reimbursement pasti aturannya ketat sekali. Untuk aturannya sendiri adalah persyaratan harus lengkap dan tidak melebihi batas waktu pengajuan reimbursement.    

  • Cocokkan Jumlah Uang Yang Diperoleh

Kalau pengajuan klaim reimbursement telah disetujui maka karyawan akan memperoleh uang, uang tersebut jangan langsung diterima begitu saja tetapi lebih baik cek saja dulu total jumlahnya. Sebab ditakutkan ada perbedaan jumlah uang dan kalau sampai ada perbedaan pastinya harus melakukan protes dengan menunjukkan bukti perbedaan tersebut.

Kenapa Karyawan Curang Saat Pengajuan Reimbursement?

Masih jarang sekali ada karyawan yang sampai jujur kalau mengajukan reimbursement kesehatan karyawan, biasanya karyawan malah akan melakukan kecurangan pada saat proses tersebut. Alasan utama sampai karyawan melakukan hal tersebut adalah karena ingin memperoleh uang yang lebih banyak lagi dari pada uang yang dikeluarkan.  

Bangun hubungan terbaik dengan karyawan. Berikan saja perlindungan kesehatan karyawan terbaik. Lifepack for Corporate akan menawarkan pengobatan sesuai kebutuhan karyawan dan kebijakan perusahaan. Gratis alias tidak ada biaya layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *