Categories
Uncategorized

Solusi Meredakan Batuk Berdahak

Batuk menjadi salah satu penyakit yang banyak terjadi pada musim penghujan seperti saat ini. Batuk berdahak sering kali membuat banyak orang terganggu aktivitasnya. Obat yang mengandung amonium klorida sangat disarankan untuk dikonsumsi orang yang menderita batuk terutama batuk berdahak. Obat ini bisa bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Banyak sekali produk obat batuk yang menggunakan kandungan zat ini. Anda bisa menemukan zat ini dalam bentuk campuran obat batuk maupun suntikan atau injeksi.

Efek Samping Amonium Klorida

Jika dalam bentuk campuran obat batuk, zat ini merupakan zat yang relatif aman untuk dikonsumsi. Namun jika dalam bentuk obat yang di suntikan, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi. Berikut adalah beberapa contoh efek samping zat ini :

●  Mengantuk

Rasa kantuk adalah efek samping utama yang sering terjadi ketika orang mengkonsumsi obat atau diinjeksikan obat yang mengandung zat ini. Terkadang rasa kantuk ini bisa sangat tidak tertahankan, hal ini yang membuat seseorang yang sedang mengemudi tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat dengan campuran zat ini.

●  Demam

Beberapa orang bisa mengalami demam ketika mengkonsumsi obat yang mengandung zat ini. Namun reaksi demam tidak akan berlangsung lama karena demam akan segera reda jika hal tersebut merupakan sebuah efek samping penggunaan obat yang mengandung zat ini.

●  Ruam Kulit

Tidak jarang orang yang mengkonsumsi obat dengan kandungan amonium klorida mengalami ruam kulit. Biasanya efek samping ini dikarenakan adanya alergi pada orang yang mengkonsumsi obat yang mengandung zat ini.

●  Sakit Kepala

Zat ini bisa memberikan efek samping sakit kepala pada orang yang mengkonsumsinya. Namun tidak semua orang memiliki efek samping yang sama.

●  Nyeri

Jika zat ini masuk ke dalam tubuh dengan cara disuntikan, bisa saja terjadi efek samping rasa nyeri pada daerah yang diinjeksi zat tersebut.

●  Iritasi

Bekas suntikan zat ini bisa terjadi iritasi dan hal tersebut merupakan salah satu efek samping zat ini.

●  Bengkak

Terjadi pembengkakan merupakan efek samping yang mungkin saja terjadi ketika zat ini dimasukkan dengan cara injeksi atau suntik.

Apakah Perlu Konsultasi Dokter?

Jika efek samping di atas anda rasakan ringan maka sebenarnya anda tidak perlu mengkonsultasikan dengan dokter. Hanya saja jika anda ragu maka tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter. Selain efek samping di atas, ada efek samping lain yang tergolong berat sehingga harus segera berkonsultasi dengan dokter. Berikut hal yang termasuk efek samping berat dan membutuhkan bantuan dokter :

●  Detak Jantung Tidak Teratur

Mengkonsumsi obat yang mengandung zat amonium klorida bisa menimbulkan efek samping detak jantung tidak stabil atau tidak teratur. Jika hal ini terjadi maka anda sangat perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

●  Keringat Berlebih

Jika produksi keringat berlebih terjadi sesaat setelah mengkonsumsi obat yang mengandung zat ini maka hal tersebut merupakan indikasi anda membutuhkan bantuan dokter. Hal tersebut dikarenakan efek samping berat terjadi pada anda.

●  Nafas Tidak Beraturan

Saat mengalami efek samping berat, nafas tidak beraturan menjadi sesuatu yang harus segera anda konsultasikan dengan dokter anda.

●  Muntah

Salah satu efek samping berat yang dihasilkan ketika mengkonsumsi obat yang mengandung zat amonium klorida adalah muntah. Jika efek samping ini terjadi pada anda maka artinya anda membutuhkan bantuan dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai efek samping obat yang mengandung zat amonium klorida? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *