Categories
Kesehatan Tips

Telemedik Adalah Layanan Kesehatan? Ini Dia Penjelasannya

Telemedik Adalah

Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan teknologi juga ikut tumbuh secara masif. Hal ini memberikan kebermanfaatan bagi penggunanya terutama dalam hal komunikasi. Salah satu inovasi dari teknologi adalah hadirnya telemedik. Adapun telemedik adalah teknologi mengenai layanan kesehatan dan informasi yang bisa digunakan dari jarak jauh. Oleh karena itu, simak terus informasi berikut ini.

Pengertian Telemedik                     

Telemedik merupakan salah satu ide perkembangan sektor kesehatan di bidang digitalisasi. Inovasi teknologi ini dapat memberikan informasi dan pelayanan khususnya di bidang kesehatan. Kecanggihan teknologi ini diharapkan mampu memberikan solusi kesehatan yang dapat dilakukan dari jarak jauh, serta memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melakukan tatap muka.

Fokus Layanan Telemedik

Hadirnya inovasi di sektor kesehatan ini dapat memberikan kemudahan kepada Anda. Apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup ke fasilitas kesehatan, Anda bisa menggunakan telemedik ini.

Pasalnya telemedik hadir untuk memberikan dukungan pelayanan kesehatan klinis. Baik itu berupa layanan informasi seputar kesehatan, maupun layanan konsultasi yang berdasarkan dignosis. Bisa dikatakan bahwasannya telemedik hadir untuk menjangkau pasien yang tidak berada di lokasi fisik yang sama. Tentu saja hal ini guna untuk meningkatkan kesehatan masyarakat juga.

Kelebihan Telemedik

Telemedik adalah inovasi sektor kesehatan di bidang digitalisasi menyebabkan Anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Hanya dengan menggunakan ponsel pintar atau komputer Anda sudah bisa mendapatkan layanan-layanannya. Adapun kelebihan menggunakan telemedik adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Informasi

Saat Anda mengakses telemedik, Anda akan mendapatkan informasi penting mengenai kesehatan. Mulai dari berbagai macam tips kesehatan sehari-hari, informasi mengenai penyakit-penyakit, hingga informasi mengenai obat-obatan. Anda bisa mendapatkan semua informasi dengan mudah hanya dengan memasukkan kata kunci yang Anda inginkan pada kotak pencarian.

2. Berkonsultasi

Kelebihan lainnya selain Anda mendapatkan informasi mengenai kesehatan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter pilihan. Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengalami gejala-gejala yang membutuhkan konsultasi, Anda bisa mencari dokter sesuai dengan gejala atau kondisi. Dengan begitu dokter akan melakukan diagnosis sesuai dengan kondisi, gejala, atau keadaan tubuh yang Anda rasakan.

3. Menebus Obat

Saat Anda telah selesai berkonsultasi dengan dokter dan membutuhkan obat sesuai dengan resep, Anda bisa menggunakan layanan telemedik ini. Selain menggunakan resep, Anda juga bisa menebus obat yang termasuk kategori bebas didapatkan.

Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu atau karena hal lain. Anda hanya perlu membuka aplikasi atau website telemedik dan selanjutnya Anda bisa memilih kebutuhan Anda.

Apakah berkonsultasi, membeli obat atau sekadar mencari informasi kesehatan. Semua dilakukan secara online dan cepat, bahkan pembelian obat yang telah Anda pesan bisa diantar langsung ke rumah tanpa perlu antri di apotek.

4. Terhubung dengan Fasilitas Kesehatan

Setelah Anda berkonsultasi terkait dengan kondisi, dokter akan segera menangani keluhan Anda. Pada dasarnya, diagnosis dokter yang Anda peroleh berdasarkan keluhan dan gejala yang Anda rasakan. Apabila dalam diagnosis memerlukan tindakan atau penanganan lanjut, Anda bisa mencari fasilitas kesehatan terdekat atau sesuai dengan arahan dari dokter terkait tempat dokter praktik misalnya. Tentunya hal ini ditujukan untuk mendapatkan keakuratan penegakan dalam diagnosis.

Jadi, telemedik adalah sebuah solusi yang bisa memberikan kemudahan untuk pengguna internet, terutama dalam bidang kesehatan. Apabila Anda memiliki keluhan, kebutuhan terhadap informasi kesehatan, maupun kebutuhan terhadap obat-obatan baik yang sesuai dengan resep ataupun obat bebas, Anda bisa menggunakan sepuasnya mengenai telemedik ini.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *