Categories
Tips

Tips Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tips Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Teknologi yang semakin canggih memberikan sensasi tersendiri dalam penggunaan gadget saat ini. Tidak hanya orang dewasa saja, saat ini anak-anak mampu mengakses gadget. Biasanya anak-anak menggunakan gadget untuk bermain game. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi kecanduan, tips menghindari anak dari gadget pun perlu dipelajari oleh orang tua.

Gadget Dan Anak-Anak

Anak-anak mampu belajar dengan cepat sehingga tidak begitu sulit bagi anak untuk memainkan gadget. Jika anak sedang rewel biasanya orang tua akan memberikan gadget kepada anak agar anak berhenti rewel. Anak-anak akan mudah terhibur dengan berbagai permainan dalam gadget, hingga membuat anak kecanduan terhadap gadget.

Orang tua harus selalu mengawasi penggunaan gadget pada anak-anak agar tidak menimbulkan kecanduan. Sebab kecanduan gadget akan sulit untuk dihilangkan pada anak yang masih di bawah umur. Kecanduan gadget pada anak dapat berpengaruh pada kondisi mental hingga menyebabkan gangguan emosional pada anak-anak.

5 Cara Menghindari Anak Dari Gadget

Orang tua berperan penting untuk mencegah kecanduan gadget pada anak, agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan anak. Berikut ini beberapa tips menghindarkan anak dari gadget yang bisa dilakukan oleh orang tua:

1. Memberikan Contoh Yang Baik

Usia anak adalah usia emas di mana anak-anak belajar dengan cara meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Anak dapat melihat dan merekam serta melakukan hal yang sama dengan apa yang dilihatnya. Ketika orang tua terlalu sering memainkan gadget di depan anak, anak akan meniru sehingga dapat membuat anak ingin terus memainkan gadget.

Orang tua dapat memberikan contoh baik kepada anak yaitu dengan tidak menggunakan gadget ketika sedang berada di depan anak.

2. Berikan Pengawasan Ketika Anak Bermain Gagdet

Melarang anak bermain gadget tidak bisa diterapkan setiap saat, terkadang anak sangat menginginkan untuk mencoba. Ketika anak sedang menggunakan gadget sebaiknya orang tua selalu mengawasi agar anak tidak membuka situs yang tidak sesuai dengan umurnya.

Anak-anak dapat dengan tidak sengaja masuk ke dalam sosial media orang tua ketika menggunakan gadget. Sehingga orang tua perlu mengawasi penggunaan gadget sehingga anak tidak melihat yang tidak seharusnya dilihat oleh anak di bawah umur.

3. Ajak Anak Bermain

Tips menghindarkan anak dari gadget adalah mengajak anak anda bermain. Anak yang diajak bermain tidak akan merasa bosan sehingga akan melupakan gadget dan sibuk bermain. Ajaklah anak anda bermain bersama baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

4. Ruangan Bebas Gadget

Tetapkan peraturan di dalam rumah yang melarang penggunaan gadget di ruangan tertentu. Orang tua juga harus menaati peraturan tersebut agar anak mencontoh yang dilakukan oleh orang tuanya. Ruangan bebas gadget seperti di meja makan, di dapur, dan saat berada dalam mobil.

5. Ajak Anak Bersosialisasi Di Luar

Ajak anak bermain di luar dan bertemu serta bermain bersama teman baru. Anak-anak terkadang merasa malu untuk bermain dengan anak-anak lain yang seusianya. Orang tua dapat membantu mengenalkan anak kepada anak lain agar dapat bermain bersama.

Orang tua juga dapat berkunjung ke rumah kerabat bersama anak untuk mengajari anak cara bersosialisasi dengan tetangga. Interaksi sosial yang baik dapat mencegah anak dari kecanduan gadget. Tips menghindarkan anak dari gadget adalah membuat anak sibuk bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Ingin tahu tips dan trik kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Jovee. Dapatkan harga terbaik untuk suplemen dan vitamin harianmu. Dapat diunduh melalui Playstore maupun Appstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *