Categories
Kesehatan Tips

Tips Menjaga agar Takanan Darah Normal Selalu

Takanan Darah Normal

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang juga banyak diderita orang. Masalahnya, masih banyak orang yang menyepelekan gaya hidup sehari-hari, sehingga rentan untuk terkena masalah kesehatan ini. Oleh karena itu, menjaga tekanan darah normal perlu dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Berikut beberapa caranya.

1. Selalu Luangkan Waktu untuk Jogging

Olahraga adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat. Segala macam penyakit, termasuk tekanan darah tinggi pun akan teratasi, jika Anda secara rutin berolahraga. Penting sekali untuk selalu menjaga tekanan darah agar tetap normal, karena dengan begitu tubuh akan selalu sehat dan berkerja secara optimal.

Selalu luangkan waktu diakhir pekan untuk jogging beberapa menit, paling tidak lebih dari 20 menit. Olahraga semacam ini sudah cukup untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Jogging akan membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar, meninkatkan peningkatan oksigen, dan juga menjaga agar tekanan darah tetap normal.

2. Makan Yoghurt

Makanan yang satu ini selain memiliki rasa yang nikmat ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Makanan ini dikenal sebagai makanan untuk diet. Meski begitu, makanan ini cocok sekali dikonsumsi untuk siapapun, tidak hanya untuk orang yang sedang diet saja.

Beberapa penelitian menyebutkan, mengonsumsi secangkir yoghurt dalam sehari saja sudah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Jika mengonsumsinya secara rutin maka yoghurt akan membantu menurunkan risiko terkena hipertensi sebanyak 31 persen. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

3. Hindari Rokok

Cara menjaga tekanan darah normal selanjutnya adalah dengan menghindari asap rokok. Beberapa penelitian menyebutkan, rokok merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan masalah pada jantung. Alasanya adalah rokok memiliki kandungan beracun yang ada pada asapnya, dan hal tersebut akan merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Sebenarnya, perokok pasif pun juga memiliki risiko berbagai macam masalah kesehatan. Oleh karenanya, mulai sekarang secara perlahan mulai hindari asap rokok. Penting juga untuk selalu mengingatkan anggota keluarga dan kerabat dekat untuk selalu menghindari rokok, demi kesehatan bersama.

4. Kurangi Lembur

Sibuknya pekerjaan terkadang memaksa kita untuk melanjutkannya di malam hari, alias lembur. Hal ini ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Selalu batasi diri dengan tidak bekerja lebih dari 40 jam per minggu. Jika lebih, maka risiko terkena hipertensi bisa meningkat hingga 14 persen.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan bekerja lembur akan membuat badan menjadi kurang gerak dan tidak menerapkan pola makan sehat. Selain itu, bisa dipastikan Anda akan lebih jarang berolahraga. Hal ini akan meningkatkan hormon stress dalam tubuh, dan akan meningkatkan tekanan darah dengan signifikan.

5. Jaga Berat Badan

Dengan selalu menjaga berat badan, maka bisa dipastikan Anda telah melaksanakan pola hidup yang sehat. Karena, untuk menjaga berat badan seseorang harus selalu rutin olahraga, menjaga pola makan secara teratur dan tidur yang cukup.

Itulah tadi beberapa cara untuk menjaga tekanan darah normal. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi pisang karena memiliki kandungan kalium yang tinggi dan bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Jangan lupa untuk selalu minum air dengan cukup setiap hari.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *