Categories
Kesehatan Tips

Tips Untuk Menurunkan Trombosit

Trombosit adalah sel yang dihasilkan oleh sumsum tulang di dalam tubuh manusia. Trombosit sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pembekuan darah manusia. Kandungan trombosit dalam tubuh haruslah dalam tingkatan yang ideal. Jika kandungan trombosit sangat tinggi, maka akan berbahaya bagi tubuh. Ada beberapa cara menurunkan trombosit di dalam tubuh kita.

Cara Untuk Menurunkan Trombosit

1.   Konsumsi Kopi

Meminum kopi memang merupakan salah satu hobi dari masyarakat Indonesia. Namun ternyata dibalik enaknya kopi yang kita seduh dalam keadaan hangat, ternyata ada manfaat khusus dari kandungan yang ada di dalam kopi. Kaitanya untuk proses penurunan kandungan trombosit dalam tubuh kita, di dalam kopi ada sebuah kandungan alami yang memberikan efek anti-trombosit. Senyawa alami ini dalam dunia medis dan dunia kuliner biasa disebut dengan asam fenolat. Senyawa alami ini memang sejatinya sudah menempel di dalam biji kopi. Jadi walaupun nantinya biji kopi diolah menjadi minuman rendah kafein atau minuman tanpa kafein. Kandungan asam fenolat ini akan tetap ada di dalam kopi. Jadi untuk kamu yang memiliki masalah dengan kafein, kamu tetap bisa menurunkan kandungan trombosit dengan meminum kopi tanpa kafein.

2.   Kurangi Merokok dan Jauhi Asap Rokok

Kamu harus tahu bahwa sering merokok bisa menyebabkan peningkatan kadar trombosit dalam tubuh kita. Di dalam rokok terdapat berbagai senyawa yang berbahaya bagi tubuh kita. Kandungan nikotin di dalam rokok dipercaya dapat membentuk gumpalan darah. Jadi kamu harus bisa mengurangi kebiasaan merokok atau jika memang memungkinkan kamu harus berhenti merokok sampai kondisi trombosit di dalam tubuh kamu kembali dalam tingkatan yang ideal. Ini merupakan cara menurunkan trombosit yang sulit dilakukan oleh mereka yang sudah merokok sejak lama.

3.   Gunakan Kayu Manis Untuk Tambahan Dalam Makanan dan Minuman

Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk kegiatan memasak. Kayu manis dipercaya memiliki kandungan alami yang mampu menekan trombosit di dalam tubuh kita. Kandungan alami tersebut biasa disebut dengan sinamaldehid. Jadi kamu bisa menambahkan kayu manis ke dalam masakan yang kamu buat atau bisa juga kamu tambahkan ke minuman hangat seperti teh, jamu, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin tentunya kandungan trombosit di dalam tubuh kamu akan menurun.

4.   Konsumsi Timun

Timun merupakan salah satu pelengkap makanan yang mudah untuk dijumpai. Di dalam timun terdapat senyawa alami yang mampu menekan trombosit. Senyawa alami tersebut biasa disebut dengan salisilat. Dengan mengkonsumsi timun secara rutin maka nantinya kandungan trombosit di dalam tubuh akan kembali normal.

Itulah beberapa cara menurunkan trombosit yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya mari kita pahami mengenai beberapa kegiatan yang disarankan oleh dokter untuk menurunkan trombosit.

Kegiatan Untuk Menurunkan Trombosit

1.   Olahraga Dengan Rutin

Kamu bisa melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan kamu. Selain menjaga kesehatan, olahraga rutin akan membantu kamu menurunkan kandungan trombosit dalam tubuh kamu.

2.   Lakukan Kegiatan Untuk Mengusir Stres

Kamu bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan untuk mengusir stres. Dengan hilangnya stres, maka kandungan trombosit di dalam tubuh kamu akan menurun. Ini merupakan salah satu cara menurunkan trombosit yang paling mudah untuk dilakukan.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *